Minggu, 07 Oktober 2018

Biografi dan Otobiografi

Pengalaman selalu lebih penting dibanding level pendidikan dan nilai akademis (Tere Liye)

Bismillahirrohmanirrohim,
Hari jumat saya takziah ke Tulungagung. Ada sepupu suami yang meninggal. Hari itu kami berangkat dengan berboncengan naik sepeda motor. Jarak Blitar -Tulungagung kurang lebih 53 km, kata mbah google. Dan kami menempuhnya dengan sepeda motor matic kami. Wow...

Berangkat jam 13.30 dan sampai di rumah jam 20.15. Kami mampir di mushola SPBU Durenan untuk sholat Ashar dan mushola kecil di rejotangan untuk sholat Maghrib. Memasuki Blitar sudah sekitar jam tujuh malam. Perut mulai lapar. Maka kami putuskan mampir di warung nasi jagung langganan kami.



Perut kenyang, badan capek membuat saya mulai menguap. Mulailah selonjoran dan bersiap-siap mengikuti kelas. Mengenal biografi, otobiografi dan memoar. Tetapi saudara, semua terlewat begitu saja. Saya terkapar dan terbangun dini hari.

Manjat lah saya. Menyimak satu persatu chat dan menyalinnya bila itu penting. Terutama materi dan pertanyaan serta jawaban yang mendukung.


Saya mengambil Intinya. Biografi adalah tulisan tentang perjalanan hidup seseorang yang dikisahkan oleh orang lain. Biasanya tokoh. Saya pernah membaca biografi Ir Sukarno yang ditulis oleh Cyndi Adam. Jadi saya mencoba mengingat-ingat yang pernah saya baca itu.

Kalau perjalanan hidup ditulis oleh pelakunya sendiri namanya otobiografi. Jadi pada otobiografi ini orang mengisahkan perjalanan hidupnya sendiri. Pada biografi POV 3 sedangkan pada otobiografi POV 1.

Untuk menulis biografi kita harus interview baik kepada yang bersangkutan maupun kepada orang-orang yang mengenal dekat beliau. Karena yang ditulis adalah fakta tentang beliau. Boleh diceritakan dengan gaya tutur cerita, fiksi, tetapi harus faktual.

Ada dua jenis biografi yaitu biografi yang ditulis seijin dan sepengetahuan sang tokoh dan biografi yang ditulis tanpa seijin sang tokoh. Jenis kedua ini biasanya karena sang tokoh sudah meninggal.

Saya sempat penasaran. Maka saya mencoba browsing dan mencari contoh biografi. Saya ingin tahu jelas perbedaan antara biografi dan otobiografi. Kalau sudah urusan begini setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda. Jadi kita tidak bisa menyebutkan yang ini benar dan yang itu salah. Diambil benang merahnya saja. Batasannya diikuti, selanjutnya dikembangkan sendiri.

Tentang memoar klik Di sini

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

5 komentar:

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...