Minggu, 11 November 2018

Komedo, Musuh Besar Perempuan Cantik



Bismillahirrohmanirrohim,

Selamat pagi semua. Hari Minggu adalah hari spesial ya untuk saya. Yang pasti, karena hari minggu itu hari libur. Ya iyalah. Dari dulu juga begitu kan. Tetapi masih ada spesial yang lain bagi saya, yaitu karena hari libur ini saya mempunyai waktu "lebih" untuk diri sendiri. Saya bisa mencoba resep yang berbeda. 


wajah cantik, impian setiap wanita
sumber: pixabay.com

Selain itu, di hari minggu saya dapat meluangkan waktu untuk merawat diri. Setelah seminggu saya berlelah-lelah, dan itu mengabaikan hak tubuh saya, maka saatnya saya mengkhususkan waktu untuknya. Merawat diri bukan dalam arti harus ke salon ya.  Merawat diri ala saya adalah, membersihkan muka, potong kuku, keramas berlama-lama dan memakai masker. Yah itu saja.


Saya beruntung karena saya dianugerahi kulit wajah yang tidak rewel. Sejak remaja saya tidak mempunyai masalah serius dengan kulit wajah saya. Sesekali jerawat mampir, wajarlah. Hanya sebentar setelah itu permisi. Justru yang membuat saya galau adalah komedo.
komedo di hidung sangat mengganggu penampilan
sumber : pixabay.com
Nah, lihat gambar di atas pasti reflek pegang hidung. Iya kan?. Karena memang itulah yang menjadi masalah bagi sebagian besar kita kaum hawa. 

Dari sumber yang saya baca, komedo merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan. Kalau saya,  melihat komedo itu sebagai benjolan di permukaan kulit berwarna hitam.  Komedo membuat kulit terlihat kotor. Komedo tidak bisa dihilangkan dengan cara mencuci wajah menggunakan sabun muka. Bahkan dengan menggunakan krim pembersih muka pun dia tidak mau hengkang dari wajah kita.

Komedo disebabkan karena sel mati dan lemak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit (sumber : alodokter ). Pemicu munculnya komedo dapat berasal dari makanan dan pemakaian bahan kimia atau juga karena obat-obatan yang kita konsumsi. Termasuk di sini adalah konsumsi pil KB.  Pemicu lain munculnya komedo adalah meningkatnya hormon penghasil minyak.  

Paling sering, komedo muncul di sisi kiri dan kanan hidung, di dagu, leher dan juga di dada. Munculnya komedo di wajah  sangat mengganggu dan membuat rasa percaya diri kita menurun. Saya rasa setiap perempuan ingin terlihat cantik

Banyak cara dilakukan untuk membersihkan komedo. Mulai dari penggunaan alat canggih, alat sederhana dan bahan-bahan alami yang dipercaya dapat mengangkatnya dari permukaan kulit kita.  Pore pack salah satu diantaranya. Pore Pack didesain untuk mengangkat komedo di sekitar hidung. 

Tetapi masalahnya adalah, komedo tidak hanya bertengger di sekitar hidung. Di beberapa bagian di wajah pun ada komedo yang harus di kick out. Untuk masalah ini, ternyata ada masker khusus yang dapat mengatasinya. Namanya Masker hitam. Masker ini berwujud pasta dan berwarna hitam. Cara menggunakannya sama dengan menggunakan masker wajah yang lain. Tinggal dioles ke wajah atau bagian lain yang dihuni komedo, kemudian didiamkan beberapa saat, setelah itu masker diangkat.  Komedo akan terangkat bersama-sama dengan masker.  

Berikut adalah cara yang biasanya saya lakukan saat membersihkan komedo dengan menggunakan masker hitam. 

1. Membersihkan wajah 
Sebelum menggunakan masker, saya membersihkan wajah saya dengan krim pembersih wajah. Kalau pada hari-hari biasa saya menggunakan sabun muka untuk membersihkan wajah, maka untuk tujuan khusus ini saya menggunakan krim pembersih wajah. 

2. Menghangatkan kulit wajah
Berikutnya, untuk membuka pori-pori wajah, saya seka wajah dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air panas. Tujuan membuka pori-pori kulit adalah untuk mempermudah komedo keluar dari permukaan kulit 

3. Mengoleskan masker hitam 
Langkah berikutnya adalah mengoleskan masker hitam pada wajah atau bagian yang berkomedo. Pada saat mengoleskan masker harus dihindari beberapa bagian seperti mata, alis, bibir dan sekitarnya. Masker ini akan segera mendingin dan membentuk lapisan tipis seperti plastik. Selanjutnya masker dibiarkan kurang lebih 20 menit sampai masker mengering. 

4. Mengangkat masker 
Setelah masker mengering, selanjutnya adalah mengangkat masker dari wajah. Masker yang sudah kering ini membentuk lapisan yang dapat kita lepaskan seperti kita melepaskan stiker.  

5. Mengompres wajah dengan air dingin Setelah masker terangkat dari wajah, saya mengompres wajah dengan menggunakan air dingin. Hal ini saya lakukan agar pori-pori kulit kembali tertutup. 

Saya menggunakan masker hitam untuk mengangkat komedo di beberapa tempat selain di wajah. Saya pernah menggunakannya di leher, karena di leher saya juga banyak komedo. Lumayan kok, cukup mudah menggunakannya dan hasilnya memuaskan. 

#ODOPbatch6
#nonfiksi
#tulisanke7



https://review.bukalapak.com/c/beauty

12 komentar:

  1. Wah baru tahu Bu kalau cara membersihkan komedo dengan masker hitam. Terimakasih sharing ilmunya ibu. Manfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Saya tahunya juga dari anak-anak. Ternyata lebih mudah. Monggo dicoba

      Hapus
  2. oalaaahhh... itu namanya komedo to mbak? Orang sekitarku menyebutnya 'uponen' hahaha... aku yo punya di ujung hidungku, tak pijet terus disapu washlap basah... gak tahu kalu butuh masker ninja... eh masker hitam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak de. Masker hitam mungkin bisa dicoba untuk menghilangkan upo di wajah pak de

      Hapus
  3. Wah bu Endah, ternyata bukan cuma pintar dan dan bijsk tapi ternyata rajin merawat diri juga. Makin salu sama ibu 😊
    Sepertinya aku juga harus coba masker hitam. Kulitku jg g byk masalah tp ada bbrp komedo yg g terlalu terlihat tp dalam kalau kata beautician pas nyoba facial di tempat temen 😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merawat diri yang biasa-biasa saja mbak. Masih belum kenal salon kalau untuk perawatan wajah. Karena anakku perempuan semua, dapat ilmunya dari anak-anak saja.

      Hapus
  4. Terima kasih sharingnya mbak, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  5. Ibuu, sama banget. Saya juga ga pernah punya masalah kulit yang serius , tapi komedo oh komedo ga pernah ilang xD udah gga ngerti lagi harus gimana -,-

    BalasHapus
  6. Masker hitam itu yg gimana mb?? Aku baru tauuu.. Hehe

    BalasHapus
  7. Hari minggu, waktunya me time 😍😍😍

    BalasHapus
  8. pake exfoliate toner juga cukup ampuh mbak. Mau review masker hitam mbak

    BalasHapus

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...