Bismillahirrohmanirrihiim,
Judul : 40 Seni Manajemen Kelas
Pengarang : Lubis Grafura
Tebal : 236 halaman
Penerbit : Ar-Ruzz Media
Tahun terbit : 2016
Salah satu tugas seorag pendidik adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Sebagaimana layaknya, kegiatan pembelajaran dilakukan di dalam ruang-ruang kelas. Kebijakan pemerintah yang dituangkan dalam kurikulum, di mana siswa "diwajibkan" untuk menguasai sejumlah kompetensi dari berbagai mata pelajaran, mengharuskan sebagian besar kegiatan pembelajaran di lakukan di ruang-ruang sempit bernama kelas.
Salah satu permasalahan yang dihadapi guru adalah menjaga agar siswanya tetap memiliki motivasi selama kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar siswa ini sangat penting karena mempengaruhi prestasi belajar mereka.
Waktu belajar siswa yang panjang, kelas yang heterogen, cuaca yang tidak bersahabat, kondisi tubuh yang kurang fit dan faktor-faktor lain dapat menurunkan motivasi belajar siswa. Dalam hal ini, kepiawaian seorang guru mengendalikan kelas sangat diperlukan. Kegiatan pembelajaran dapat menjadi sangat membosankan bagi siswa, bila guru melakukan hal-hal yang biasa saja.
Untuk menjaga kelas agar tidak membosankan, Lubis Grafura dalam bukunya berjudul 40 Seni Manajemen Kelas menawarkan aneka permainan untuk mengontrol kelas.
Buku setebal 236 halaman ini menyajikan berbagai permainan tanpa media yang dapat dilakukan di dalam kelas. Permainan-permainan yang disajikan dalam buku ini sederhana, dapat dilakukan tanpa alat bantu khusus dan bersifat interaktif. Meskipun demikian permainan-permainan tersebut dapat menghidupkan kelas dan menumbuhkan motivasi belajar.
Beberapa permainan yang disajikan berfungsi menghidupkan suasana kelas di saat siswa mulai jenuh. Seperti permainan "STOP" di halaman 49 atau permainan "Humor Hari Ini" yang disajikan di hal 63.
Permainan-permainan yang disajikan penulis tidak berdiri sendiri. Permainan ini dapat dikaitkan dengan permainan lainnya untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Penulis memberikan beberapa pilihan permainan di buku yang sama kepada pembaca untuk dikaitkan dengan permainan yang diinginkan.
Setiap permainan disajikan dalam tiga poin yaitu 1) prosedur permainan yang melibatkan guru dan siswa, 2) manfaat permainan dan kontribusinya dalam kegiatan pembelajaran dan 3) bacaan yang direkomendasikan penulis kepada pembaca untuk meningkatkan motivasi siswa.
Buku ini cukup interaktif. Di beberapa bagian penulis mengundang pembaca untuk mendiskusikan masalah-masalah yang timbul ketika guru melakukan permainan tersebut melalui kontak, email dan web pribadinya.
Buku ini wajib dimiliki oleh setiap guru yang ingin menghidupkan kelasnya.
Wah keren nih, kira" metode ini bisa diterapkan di rumah nggak ya??
BalasHapusInshaallah bisa mas. Sederhana kok permainannya. Terimakasih sudah berkunjung Pak Ketu
HapusCara menghidupkan kelas yg paling efektif menurut mbak apa? Boleh donk share.. Mau nyontek.. Hehe
BalasHapusTergantung karakteristik kelas dan waktunya mbak. Kalau jam pagi, apapun metodenya jalan. Yang susah kalau jam terakhir (13.10 - 15.10).Yang sudah pernah aku lakukan buku bergilir di modifikasi dengan 1 anak 1 pertanyaan
HapusCocok direkomendasikan untuk para Guru
BalasHapusSetuju dengan mas Agus
HapusSetuju sama mas Agus dan mbak Yeti
HapusSetuju mbak. Kalo jam2 rawan jauh dari kata kondusif kayaknya
BalasHapusBener mbak harus ada strategi khusus untuk membuat anak anak bertahan di kelas
HapusKelas jadi semakin hidup
BalasHapusItu tujuan menghidupkan kelas
HapusWow, I think I need this book 😄
BalasHapusSaya pernah ngajar jadi guru ekskul di SMA, dan wowwww ngadepin murid itu memang butuh teknik luar biasaaaa! Salutttt untuk para guru-guruu hebattt 😘😘😘
BalasHapusMereka memiliki energi yang harus diimbangi oleh gurunya
HapusAsyik ini kalo di kelas banyak permainan ya... nggak bosen jadinya..
BalasHapusIya mbak. Biar gak bosan dan mengembalikan motivasi untuk belajar
Hapus