Kamis, 08 November 2018

Rapot Era Digital


Bismillahirrohmanirrohiim,
Pelatihan e raport tahap 2
Mari mengenal e raport. Sebuah produk digital untuk laporan hasil belajar siswa.  E raport ini memudahkan guru dan wali kelas dalam menjalankan tugasnya. E raport menggunakan aplikasi yang memungkinkan guru melakukan perencanaan penilaian  dan melaksanakan penilaian secara mandiri. Sementara dengan e raport ini tugas wali kelas menjadi lebih ringan karena tugasnya berkurang, tidak lagi mengentry nilai secara manual pada form kumpulan nilai atau leger.

Penerapan e raport mengharuskan setiap guru familiar dengan dunia digital. Masing-masing guru akan mendapatkan akun untuk masuk aplikasi ini. Ada dua jenis akun yaitu akun guru dan akun wali kelas. Akun guru digunakan untuk mengelola penilaian sedangkan akun wali kelas digunakan untuk mengelola raport.



Apa yang harus dilakukan guru dalam e raport sebagai guru mapel?

  1. Guru harus mengentry KD-KD  dari mapel yang diampu guru yang bersangkutan 
  2. Guru harus melakukan rencana penilaian. Rencana penilaian ini dilakukan baik pada penilaian pengetahuan, ketrampilan, sikap spiritual dan sikap sosial. 
  3. Mendownload format penilaian untuk penilaian pengetahuan dan ketrampilan, kemudian menyimpannya dalam media penyimpanan. 
  4. Melaksanakan penilaian dengan cara mengentry nilai sebagai cerminan kompetensi siswa pada mapel yang diampunya, pada format yang sudah didownloadnya
  5. Mengupload hasil penilaian (pengetahuan dan ketrampilan) 
Itulah hal-hal prinsip yang harus dipahami oleh setiap guru dalam penggunaan e rapot. 


Adapun tahap-tahap yang harus dilakukan guru adalah:

Login 
Setiap guru akan mendapatkan akun dari admin e raport. Setelah mendapatkan akun dan password guru melakukan login. 

Mengentry data kompetensi 
Guru harus menambahkan data kompetensi melalui fitur yang ada dalam e raport. Data kompetensi yang harus dimasukkan adalah data kompetensi pengetahuan dan ketrampilan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengisian data kompetensi ini adalah status data kompetensi. Status aktif untuk data kompetensi yang digunakan dan non aktif untuk data kompetensi yang tidak digunakan. 

Membuat rencana penilaian
Rencana penilaian dibuat oleh guru pada empat ranah yaitu pengetahuan, ketrampilan, sikap spiritual dan sikap sosial. Rencana penilaian ini berlaku untuk satu kelas yang diampu. Bila guru mengajar di beberapa kelas, maka dia harus mengcopy rencana peniaian ini pada kelas-kelas lain melalui fitur copy rencana penilaian. 

Mendownload format penilaian
Setelah melakukan perencanaan penilaian, selanjutnya guru bisa mendownloat format penilaian. Hasil download dalam format excel yang disimpan dalam type 97 - 2003. Hasil download-an ini selanjutnya akan menjadi daftar nilai yang dapat diisi secara ofline. 

Mengentry nilai
Untuk pengetahuan dan ketrampilan guru melakukannya secara offline pada format penilaian yang sudah didownloadnya. Sedangkan entry nilai sikap dilakukan secara online. 

Mengupload nilai
Bila format penilaian sudah diisi selanjutnya guru melakukan upload nilai melalui fasilitas yang tersedia dalam e raport. 

Mengirimkan nilai ke wali kelas 
Pengiriman nilai dilakukan guru melakui akunnya. Fasilitas pengiriman nilai sudah tersedia pada aplikasi e raport. (Wali kelas dapat mengecek apakah pengiriman berhasil atau tidak melalui akun wali kelas) 

Sampai pada tahap ini tugas guru mapel selesai. Selanjutnya tugas wali kelas untuk mengecek apakah semua nilai sudah terhimpun atau belum. Aktifitas guru mapel dapat dipantau wali kelas melalui akunnya. 

Selanjutnya wali kelas perlu mengentry kehadiran siswa dan menuliskan catatan akhir.  Bila semua nilai sudah terkumpul, data kehadiran siswa sudah masuk dan catatan akhir sudah ditambahkan, maka wali kelas dapat mencetak leger dan mencetak raport.

Terbayang bagaimana pekerjaan bisa disederhanakan dengan aplikasi ini. Tak ubahnya melakukan transaksi perbankan melalui i-banking. Mengirim uang tidak perlu mengunjungi mesin atm atau bank, tetapi cukup klik aplikasi yang tertanam di gawai kita. Lebih sederhana, mudah dan dapat dilakukan di mana saja. Kalaupun sulit, itu dibagian awal saja. Memahami bagaimana aplikasi berjalan dan mengikuti aturan sistimnya.

Di era digital ini, tidak ada pilihan, semua harus siap menghadapinya. Semangat!

#ODOPbatch6
#nonfiksi
#tulisanke4

20 komentar:

  1. Sekarang sudah pakai e raport ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. inshaallah tahun ini mbak. Ini sedang dipersiapkan

      Hapus
  2. Makin canggih aja nih mudah mudahan mencetak generasi canggih juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga, generasi canggih yang berbudi pekerti luhur

      Hapus
  3. Keren nih, apalagi kalo orang tua murid juga diberi akses, sehinhga dapat memantau juga proses dan hasil pendidikan anaknya di sekolah dengan lebih up to date

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inshaallah begitu rencananya. Semoga segera terwujud. Kami tinggal di pinggiran mbak, tetapi ingin menerapkan kecanggihan teknologi juga

      Hapus
  4. Bener banget.. awalnya ngentry banyak banget.. pernah jadi guru 😁

    BalasHapus
  5. ah, ketinggalan nih aku. baru tau kalo raport ada e raport nya. nice info mba..

    BalasHapus
  6. Madrasah juga akan menerapkan Aplikasi Raport Digital (ARD)
    Semoga bisa lebih memudahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Atas ijin Allah semua akan mudah dibarengi dengan semangat belajar yang tinggi

      Hapus
  7. Masya Allah, digitalisasi di sekolah. Education nowadays 😍 nice sharing. makasih Mbaak

    BalasHapus
  8. Nah kan aku suka baca blog bu Endah krn informatif. Maaf kemarin terpaksa skip ya bu krn hrs bw di tempat lain 🙏🏻.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He...he... iya mbak. Terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  9. Sekarang serba digitalisasi ya mba Endah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Dunia era baru. Yang tua tua juga harus menyesuaikan

      Hapus

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...