Selasa, 26 Juli 2022

Refleksi Diri

Tahun ajaran baru, kurikulum baru, semangat baru, energi baru. 
Huaaaa

Mata pelajaran saya hilang dan berganti menjadi mata pelajaran baru. Kimia bertransformasi menjadi IPAS. Ola la la 
Serasa kurang seru kalau pertemuan pertama tidak diabadikan. 

Hari ini saya agak terlambat masuk kelas karena harus memastikan semua kelas mendapatkan ruang untuk belajar. Setelah kemarin sempat heboh karena ada beberapa kelas yang terkunci dan tidak siap untuk digunakan, hari ini tidak boleh terjadi. Dan Alhamdulillah, tidak ada drama pagi ini. Aman terkendali 

Masuk kelas melihat wajah-wajah baru yang penuh optimisme, penuh harapan.
Seperti biasa, pertemuan pertama adalah saatnya berkenalan. Memperkenalkan diri dan memperkenalkan mata pelajaran yang saya ampu. 
Karena mata pelajaran baru, tentu banyak pertanyaan di benak mereka. 

Di pertemuan pertama ini saya siapkan mereka baik psikis maupun fisiknya 
MUlai dari membaca jadwal, mengenal mapel produktif, dan memotivasi mereka untuk mencintai jurusannya. Ini penting karena diantara mereka banyak juga yang masuk jurusan ini karena tidak bisa masuk di pilihan pertama. 

Kelihatannya ini sesuatu yang biasa. Tetapi sebetulnya disinilah titik simpul yang selama ini mbundeli. Siswa yang tidak bisa move on akan kehilangan semangat belajar dan ujungnya bermasalah. mulai dari masalah kecil sampai masalah besar. Semoga dengan motivasi singkat ini mereka yang salah pilih jurusan segera memantapkan hati untuk mencintai jurusan mereka. 

Saya juga menginformasikan kepada mereka tentang pembelajaran juga tak lupa kami belajar tentang efektifitas penggunaan Google Drive dengan mempraktekkannya langsung. Mereka terlihat antusias. Saya pastikan setiap anak bisa membuat folder baru, mengupload file di drive mereka dan melampirkan file langsung dari drive mereka. Mengingat hal ini sangat penting ke depannya nanti pada saat pembelajaran berlangsung. 

Di akhir pembelajaran, saya minta mereka melakukan refleksi. Saya minta mereka menuliskan hal penting apa yang sudah mereka pelajari selama pembelajaran. 

Hal penting yang saya ketahui dari pelajaran IPAS yaitu dapat mengelola akungoogle dengan baik 
(tulis akun Ilma Nur M yang nama aslinya Ilma Nur Mujazannah no absen 30)  
 
Fokus dalam kegiatan pembelajaran niat yang harus ada dalam jurusan dan lain-lain (Dimas Saputra No absen 21)

Saya menjadi lebih faham dengan teknologi terutama pada aplikasi google drive dan saya menjadi lebih mahir dalam mengoperasikan aplikasi tersebut (Azril farandika Putra no absen 12) 

Mengetahui Kurikulum Merdeka dan cara mendapatkan solusi (Budi Setyo Utomo no absen 15) 

Hal Penting yang sudah saya pelajari adalah mengerti cara menyimpan file / mengedit file, memasukkan file (Andika Pradika no absen 07) 

Sebelumnya saya tidak bisa memindahkan file dan setelah belajar saya sekarang bisa memindahkan file  (Adigta Candra Pratama No absen 03)

Jadi ternyata setiap mereka menangkap hal yang berbeda dari stimulus yang sama. Artinya saya harus memberikan beragam stimulus untuk memberi ruang siswa mengambil lebih banyak pengetahuan dan pemahaman.   

2 komentar:

  1. Bagus Bun pertemuan pertama siswa dah mimilki kesan oke dan paham manfaat google drive

    BalasHapus

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...