Sabtu, 29 September 2018

Feature, Si Rumit yang Memikat



Bismillahirrohmanirrohim,
Malam ini ada materi. Cukup penting yaitu tentang feature. Pematerinya pak Agus Heri. Berasal dari Nganjuk. Saya sempat mengintip blognya. Keren.

Awalnya, saya bingung dan sulit menyimpulkan tulisan seperti apa feature itu. Sebelumnya kan sudah dibahas tentang Artikel, opini dan esay oleh mbak Herisa.



Otak saya mencatat bahwa artikel itu tulisan yang didukung oleh data riset. Kalau opini itu ada kejadian penting dan kita berpendapat tentang kejadian itu. Kalau esay kita melakukan analisis terhadap suatu hal sesuai dengan ilmu yang kita miliki.

Kata pak Agus Heri, feature ini mempunyai dua ciri khas yaitu human interes dan dan mengandung unsur sastra. Human interest dipahami sebagai menarik dari sisi kemanusiaan. Misalnya tentang cinta, perjalanan, kesedihan dan lain sebagainya. Sedangkan unsur sastra, karena dalam penuangannya adalah dalam bentuk cerita.

Feature adalah karya jurnalistik. Termasuk jenis tulisan nonfiksi. Berdasarkan kejadian nyata. Contohnya adalah tulisan Pak Dahlan Iskan yang kriuk-kriuk gurih itu.

Apa bedanya feature dengan opini. Beda sekali. Artikel betdasarkan riset. Ada data yang akurat. Ada eksperimen. Sedangkan feature tidak, meskipun harus bertolak pada fakta yang terjadi. Pada opini tidak ada dialog, pada feature bisa menampilkan dialog.

Apa bedanya feature dengan opini?. Opini merupakan tulisan argumentatif. Menyatakan pendapat tentang suatu kejadian. Kalau feature tidak memberikan pendapat khusus tentang masalah yang diangkatnya.

Apa bedanya esay dengan feature. Esay membahas tentang hal yang diminati penulis dari sudut pandang penulis. Penulis melakukan analisis yang mendalam terhadap masalah yang diangkatnya. Feature mengangkat fakta (mirip opini). Membahasnya dengan menekankan sisi kemanusiaan. Feature bertutur dari sisi kemanusiaan dengan bahasa sastra yang menarik.

Bagian penting dari feature ada tiga yaitu lead, isi dan penutup. Lead adalah paragraf pembuka yang menggiring pembaca untuk tetap bertahan membaca tulisan kita. Berarti paragraf ini harus menarik dan menimbulkan rasa ingin tahu yang mendalam. Ternyata lead ada beberapa jenis.

Jenis tulsan ini menarik dan perlu dicoba. Jangan-jangan dijadikan tantangan minggu depan. Ha... ha...

#komunitasonedsyonepost
#ODOP

10 komentar:

  1. saya malah baru mudeng, baca blog ini. tadi malam di sambi kakak masih bapil jd rewel. mksh rangkuman materinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak itu belum tentu benar juga. Aku cuma menulis berdasarkan apa yang aku pahami. Dengan harapan kalau salah ada yang meluruskan
      Makasih lo sudah mampir

      Hapus
  2. Wah, baca rangkuman ibu saya jadi lebih paham nih xD
    Bu, saya tunggu tulisan feature dari ibu ^^ Saya yakin pasti keren nih hehe

    BalasHapus
  3. Mba Endah, terima kasih sudah membuat saya lebih mudah memahami materi yang diberikan sebelumnya. Sebagai penulis yg lebih suka non fiksi, saya merasa sgt terbantu dengan ringkasan dari mba Endah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sama sama. Sepertinya akan dijadikan tantangan minggu ini.

      Hapus
  4. Nah tulisannya enak mudah di pahami aku semalam malah enggak paham akhirnya aku tinggal bobok syantik hehheeh
    Alhamdulillah mbak Endah buat review nya makasih ya mbak 😍😍😘😘😘

    BalasHapus
  5. Terima kasih banyak sharenya mba sangat bermanfaat

    BalasHapus

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...