Minggu, 30 September 2018

Jalan-Jalan Sore

Bisnis yang tidak menjadi amal, tidak menjadi ilmu, dan memutuskan silaturahmi, walaupun menghasilkan uang tetapi itu semua sesungguhnya adalah bencana.
(Abdullah Gymnastiar)

Bismillahirrohmanirrohim,
Setiap hari saya wajib jalan-jalan.  Program One Day One Post mengharuskan peserta jalan-jalan setiap hari. Mengunjungi blog peserta lain. Jangan lupa meninggalkan jejak, begitu pesan Mbak Pije setiap pagi. Pesan itu dimaksudkan untuk meninggalkan komentar pada tulisan yang kita baca. 

Awalnya, bagi saya, keharusan ini menjadi beban. Aduh... banyak kerjaan. Gak sempat. Gak mungkinlah masuk kelas disambi kemana-mana pikirannya. Tapi karena ini sudah aturan yang ditetapkan, ya sudah. Ikuti saja. Jujur ya mbak Pije, saat itu saya melakukannya dengan setengah hati. 



Jalan-jalan atau blogwalking biasanya saya lakukan di saat saya hampir terkapar karena lelah menjalani aktifitas sehari-hari. Ya sambil merem-merem gitu. Yang penting sudah BW. Sudah gugur kewajiban. Ha...ha...

Tapi setelah beberapa kali melakukan, meskipun terpaksa, saya mulai merasakan nikmatnya. Dengan mengunjungi blog teman-teman saya mendapat ilmu baru. Ada yang berbagi tentang hal-hal yang sebelumnya tidak saya ketahui. Lumayan kan, nambah ilmu. Ada  yang menulis tentang sampah, ada yang menulis tentang kesehatan atau  parenting. Semua dipaparkan dalam tulisan yang ringan. 

Tidak semua tulisan yang saya baca, saya tinggali jejak. Kalau tulisannya puisi saya cuma bisa ngowoh saja. Bingung mau menuliskan komentar. Saya sih cuma bisa menebak-nebak pesan yang ingin disampaikan penulisnya. Menebak lo ini. Belum tentu benar kan. Nah kalau saya nulis komentar kemudian salah bagaimana? 

Jalan-jalan dengan cara seperti ini asyik juga. Tanpa saya sadari, saya bisa kemana-mana. Sekarang ke Riau, beberapa menit kemudian ke Lamongan, selanjutnya ke lombok. Walah  bagaimana mungkin saya bisa melakukannya di alam nyata. Gak  mungkin lah. 

Enaknya lagi, kita tidak usah mencari-cari bahan bacaan. Sudah ada yang nyepaki. Aduh terimakasih ya mbak Pije yang sudah berbaik hati. Semoga apa yang sudah mbak lakukan dicatat sebagai amal baik yang memberatkan timbangan amal nanti di akhirat. Aamiin. 

Ada lagi manfaat yang lain. Setelah membaca tulisan teman-teman yang keren, jadi termotivasi untuk memperbaiki tulisan sendiri. Gaya tulisan yang mengalir dan renyah membuat hati saya tergelitik dan ingin menulis lagi. Tulisan teman-teman juga ujug-ujug memberikan inspirasi baru.

Ah, pokoknya banyak deh manfaatnya. Betul kata orang bijak, bisa karena biasa. Terampil karena berlatih. Suka karena sering melihat. 

Seperti saya, yang sekarang sedang jalan-jalan. Ikutan yuk!

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...