Rabu, 26 September 2018

Posting Terjadwal

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah tenang dan sabar.(Umar bin Khattab)

Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillah, hari ini cerah. Masih semangat meskipun tugas saya hari ini sangat banyak. Ditambah lagi deadline yang sangat ketat. Sudah, disenyumi saja. Biar tetap semangat.

Saya bahagia. Ya. Karena saya masih diberi kesempatan untuk menyaksikan hari ini dan berkontribusi. Karenanya saya ingin berbagi.

Kali ini tentang pengalaman saya (yang masih fresh), mengatur jadwal posting. Ya, maksudnya begini. Karena satu dan lain hal, mungkin kita menulis sekarang tapi kita ingin mempostingnya tiga hari yang akan datang. Kalau ditulis tiga hari medatang, ketemu idenya hari ini. Kalau tidak segera ditulis, takutnya raib.


Kalau ditulis sekarang kemudian disimpan di perangkat dan baru diposting tiga hari ke depan, takutnya lupa. Sebetulnya bisa juga menulis langsung di blog terus disimpan dalam draf dan baru diposting di saat kita inginkan. Tapi ya itu tadi, kalau kita lupa, malah gak jadi posting.

Nah, untuk mengatasinya, blogger menyediakan fasilitas mengatur jadwal posting. Jadi, kita menulis langsung di blog, kemudian kita atur jadwal posting.

Caranya?
  1. Tuliskan idemu pada blog seperti biasa.
  2. Edit dan pastikan tulisanmu yang terbaik ya.
  3. Klik jadwal. Posisinya di sebelah kanan. Iconnya gambar jam.
  4. Pilih jadwal
  5. Pilih setel tanggal dan waktu.
  6. Tentukan tanggal dan jam yang kamu inginkan untuk memposting tulisanmu.
  7. Perhatikan zona waktu. Bila belum berzona indonesia, kamu harus mengubahnya melalui pengaturan dulu.
  8. Klik selesai
  9. Klik publikasikan
Maka tulisanmu akan terposting pada hari, tanggal dan jam yang kamu inginkan. Sebelum terpublikasi, postinganmu ditandai terjadwal. 

Bagaimana mengubah format zona waktu?
  1. Masuklah ke pengaturan, di dashbor
  2. Pilih bahasa dan pemformatan
  3. Pilih zona waktu dan sesuaikan. 
  4. Ubah waktu menjadi indonesia/ jakarta. 
  5. Simpan perubahan. 

Ok itu sharing dari saya ya. Semoga bermafaat.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...