Minggu, 18 November 2018

Memperpendek URL (part 1)


Bismillahirrohmanirrohiim, 




Hari ini banyak PR, juga banyak ide. Tapi malas bergerak. Biasalah, hari minggu. Hari bermalas-malasan. Hari mager, kata Kiki.

Tidak boleh malas... tidak boleh malas. Hup ayo bangkit dan bersemangat. Yess semangat! Hari ini masih ada dua tulisan yang harus segera diselesaikan. Tugas ODOP. Mengikuti lomba Blog. Duh pusing. Satu lagi, request dari teman, tentang memperpendek url. Tapi, saya justru ingin menulis topik yang lain. Kacau kan?




Baiklah, kita mulai dulu dengan tulisan tentang memperpendek url. Sebetulnya ini hanya sebuah sharing pengalaman saja. Dulu saya juga tidak bisa, kemudian saya googling dan bertemulah dengan blog yang menulis tentang itu. Kemudian saya aplikasikan dan berhasil. Nah sekarang saatnya saya berbagi dengan kalian. Ya.. kali aja  ada yang memerlukan, dan nyasarnya ke sini. 


Ok, kita mulai saja ya. Saya awali dengan mengapa kita perlu memperpendek url. Tentunya karena urlnya panjang. Jadi harus dipendekin agar gak ribet menghapalnya. Biar mudah diingat.

Saya sendiri, biasanya membutuhkan ini ketika membuat google formulir atau berbagi link dari google drive. Dari sononya,  nama url sudah panjang sekali. Kalau maksa dibagi juga, si penerima akan kerepotan menyalin linknya. 

Ada dua cara untuk memperpendek url yang saya tahu. Pertama dengan menggunakan tynurl.com dan bit.ly. Untuk postingan kali ini saya akan berbagi memperpendek url dengan menggunakan tinyurl.com. Untuk yang bit.ly inshaalah di postingan berikutnya. 

Buka tab baru. 

Ketik tinyurl.com pada kotak addres 
akan tampil halaman seperti ini 

Selanjutnya, masukkan nama url yang panjang itu pada kotak yang disediakan.

Perhatikan gambar di atas. Itu kan ada dua kota warna putih yang bisa diisi. pada kotak yang atas, isikan url yang panjang, yang kita kopi dari tempat asalnya.

Kotak yang bawah bisa diisi dengan alias atau kata yang ingin kita jadikan alamat url yang pendek. 

Seperti ini, bila sudah diisi.


Selanjutnya klik "Make TinyURL!"
Selesai. Anda sudah mendapatkan nama url yang pendek dan mudah diingat. 

Seperti ini: 


Perhatikan baik-baik. Pada halaman ini disebutkan bahwa pemendekan url sudah berhasil. Nama url Anda sekarang adalah : https://tinyurl.com/materimgmp

Di bawahnya ada kata berwarna biru. Disebelah kiri, [open in new windows] untuk membuka link anda pada jendela baru. Di sebelah kanan [Copy to clipboard] untuk menyalin nama url yang sudah pendek tadi. Bila anda ingin membagikan kepada teman anda melalui WA misalnya, tinggal klik dia dan tempelkan di pesan Anda. 


Seperti ini: https://tinyurl.com/materimgmp
Bila Anda klik alamat di atas, Anda akan diarahkan ke link yang panjang tadi.

Mudah bukan? Silahkan mengaplikasikan untuk keperluan Anda. 



Bila menurut Anda artikel ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan jejak dengan menulis komentar di bawah ya.
Salam!



2 komentar:

  1. mbak Endah... terus terang aku gak mudeng ngene iki, tapi tetep ninggal sandal... eh ninggal jejak...

    BalasHapus

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...