Rabu, 20 Maret 2019

Saya dan RCO


Tahukah Anda apa itu tantangan? Menurut saya, tantangan sebetulnya adalah masalah. Kalau Anda ikut tantangan berarti Anda mencari masalah. 

Lalu mengapa ada orang yang suka mengikuti tantangan? Ya karena dia suka mencari masalah. Contoh kongkritnya begini. Ada sebuah tantangan nih, namanya RCO. Tantangan membaca para odoper. Kalau Anda ikut tantangan ini, Anda harus membaca buku yang sudah ditentukan temanya oleh PJ, melaporkan berapa halaman yang Anda baca setiap hari dan mengerjakan tugas yang harus kelar dalam waktu tertentu. Harus. Kalau tidak mengerjakan ada sangsi. Apa itu? Di Kick. You Know apa itu Kick? Itu artinya Anda didepak dari komunitas itu. 

Kalau dipikir-pikir, mengapa ada orang yang niat banget ikut tantangan. Bukankah itu sama artinya dengan mencari masalah. Sudah enak hidup nyaman. Tenang. Tidak ribet, tidak buru-buru tidak harus mojok sementara yang lain bisa duduk sambil ongkang-ongkang kaki atau sekedar ngobrol ngalor-ngidul. 

Apa enaknya coba? Dari kacamata orang lain mungkin tidak ada enaknya. Malah membuat tidak nyaman saja. Tapi bagi saya dan sebagian orang tidak demikian. Tantangan itu membuat hidup ini seru. Ada panik-paniknya. Ada deg-degannya. Ada cemas-cemasnya dan ada leganya. 

Bayangkan saja ketika saya mendapat tantangan membaca buku Biografi. Ndilalah saya lupa ke perpus sekolah. Begitu ingat sudah siang dan perpus tutup. Saya mengejar waktu untuk meminjam buku ke Perpus Kota. Sampai di sana ternyata kartu anggota saya kedaluwarsa. Saya harus naik turun untuk mengurusnya dan setelah akan cetak, perpus tutup. Akhirnya saya ke toko buku untuk membeli buku biografi itu agar bisa mengerjakan tantangan. Begitu sudah berhasil mendapatkan buku lanjut membacanya. Memberi tanda dan menulis resensinya. Susah kan? Iya. Tetapi ketika berhasil mengerjakan tantangan itu saya puas. Rasa puas itu saya peroleh karena saya sudah melakukan perjuangan yang sangat panjang. Rasa puas itu tidak akan saya dapatkan kalau saya tidak mengikuti tantangan. Nah rasa puas itulah yang membuat saya bersedia mengambil tantangan. 

Itulah RCO. Saya rasa, RCO menggeliatkan hidup saya sehingga tidak datar-datar saja. Semoga saya masih mendapat kesempatan untuk mengikutinya lagi. Banyak hal saya pelajari dan banyak ilmu saya peroleh dari sana. 

Sukses RCO 

#ReadingChallenge
#Level5
#tantangan3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...