Sabtu, 20 April 2019

Kulineran Ayam Lodho Yuk



Hal penting yang kalian cari kalau lapar apa? Pasti makanan. Ya kan. Nah, ketika pergi ke suatu tempat dan perut kita lapar, kita tentu tidak sekedar mencari asal makanan. Selain enak dan menggugah selera hal yang lazim dicari adalah makanan khas daerah itu. 

Seperti kami hari ini. Mumpung hari libur dan kebetulan juga menjelang puasa, kami berniat untuk ziarah ke makam mertua. 

Tulungagung adalah tujuan kami hari ini. Daerah ini terkenal dengan masakan khasnya yaitu lodho. Masakan berbahan utama ayam kampung dengan kuah kental dan rasa yang pekat  bumbu rempahnya. Lezat deh. 

Salah satu kedai ayam lodho yang terkenal adalah kedai ayam lodho pak Yusuf. Sebetulnya kedai ini berpusat di Trenggalek. Karena memang masakan ini juga diklaim sebagai masakan khas Trenggalek. Wajar sih karena Tulungagung dan Trenggalek bertetanggaan. 

Beberapa waktu yang lalu ketika melewati jalan raya Tulungagung -Blitar kami melihat tulisan besar yang tak asing yaitu kedai ayam lodho pak Yusuf. 

Setahu saya cabang kedai ayam lodho pak Yusuf yang Plosokandang ini masih baru. Cabang lain yang sudah pernah kami kunjungi adalah cabang di sebelah barat pasar Ngemplak. 

Kedai ayam lodho pak Yusuf  ini di dominasi warna hijau dengan foto pak Yusuf yang menjadi iconnya. 

Mau tahu menu di kedai ini? Yuk kita intip daftar menunya. 

Kami memilih paket satu porsi. Karena bertiga, kami  memesan tiga porsi. Selain itu pesan satu ekor ayam dibungkus untuk dibawa pulang. . 

Sambil nunggu pesanan, buka gadget. Cek pesan masuk. Eh baterei low. Setelah celingukan mata saya menangkap sesuatu di belakang kursi di meja makan sisi sebelah kiri yaitu colokan. Lega. Akhirnya bisa mengisi perut gadget selain mengisi perut sendiri. 

Setelah menunggu beberapa saat pesanan datang. Ayam lodho disajikan dengan nasi gurih, sayur dan sambal kelapa dengan kuah kental terpisah. Kalau di kedai ini piringnya dialasi kertas bungkus. Pasti lebih lezat kalau dilasi daun pisang ya

Nah untuk teman-teman yang hobi kuliner, yang suka masakan khas Tulungagung/ Trenggalek yaitu ayam lodho silahkan mampir ke sini. Nikmati lezatnya ayam lodho pak Yusuf. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...