Sabtu, 22 September 2018

Nge-blog deh


Usaha tak akan mengkhianati hasil

Bismillahirrohmanirrohim
Blogging nama kegiatannya. Blogger nama orang yang melakukannya. Jadi saya adalah blogger. Newbie alias pemula.

Ada kaitannya dengan materi hari Jumat tanggal 21 September 2018 jam 20.00. Sebetulnya bukan murni tentang blog sih. Tapi ya begitulah... aktifitas dunia maya. Ujung-ujungnya blogging juga.



Materi disampaikan oleh pemilik blog www.muthihaura.com. Wuih keren abis, kata anak muda jaman sekarang. Masih muda tapi pengalamannya sudah OK.

Dia menyampaikan pengalamannya sebagai blogger yang berhasil menghasilkan uang. Waduh... begitu kata uang, money muncul semangat langsung menukik.

Singkat cerita, yang saya tangkap dari cerita anak Riau ini adalah:

Konsistenlah mengelola blog. Kunjungi setiap hari. Ngapain? Nulislah. Ya memang begitu cara mengelola blog. Rajin menulis itu sama saja dengan bersih-bersih rumah. Menyalakan lampu dan membereskan barang-barang yang tidak sesuai pada tempatnya. Biar apa coba? Biar ada yang sudi mampir dong.

Membuat label untuk mengelompokkan tulisan sesuai dengan kategorinya. Ah ternyata penting juga ya widget satu ini. Saya aja baru ngeh setelah mendapat materi blogging di ODOP ini.

Melatih diri menulis. Agar  tulisan yang kita hasilkan keren. Orang yang mampir dan membacanya serasa makan krupuk.  Kriuk dan ingin nambah.

Tulisan mbak Muthi ini memang panjang mengular ya. Sepertinya lebih dari 300 kata. Tapi bahasanya halus. Runtut, mengalir tenang dan menghanyutkan.

Usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Kalimat ini dari mbak Muthi juga. Sepertinya saya temui di salah satu postingannya. Intinya, berusahalah, bersungguh-sungguhlah maka akan tiba masanya kita memetik hasil. Sampai di sini, saya harus menghela nafas karena merasa jleb. 

Sudah saya duga. Pertanyaan yang muncul pasti mbrudul seperti laron yang keluar dari sarangnya. Dan, benar. Satu orang memunculkan dua, tiga pertanyaan. Semuanya di jawab dengan bijak oleh pemateri. Rata-rata pertanyaannya mengulik bagaimana proses kreatif  mbak Muthia menghasilkan uang. Mereview, mengendors, koneksi dengan agensi dan bahkan tarif untuk setiap kali review atau endors. Saya tidak terlalu mudeng untuk urusan ini. Tapi saya sangat menikmatinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...