Jumat, 14 Desember 2018

Siap Menghadapi Perubahan

Bismillahirrohmanirrohiim,
Musim ujian sudah berakhir. Kesibukan berikutnya di ruang guru adalah koreksi, mengolah nilai, entry nilai bagi wali kelas, cetak raport dan pembagian raport. Setelah itu siswa libur, sedangkan gurunya mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran semester berikutnya. 

Semester ini ada keseruan yang berbeda di ruang guru. Pemberlakuan e-raport untuk kelas X mengharuskan semua guru kelas X  menginput nilai mapel yang di ampunya melalui akun MPD. Sedangkan wali kelas memantau kegiatan guru melalui akun yang berbeda. 


Permasalahannya tidak semua guru memahami sistim kerja aplikasi yang digunakan. Meskipun sudah dilakukan pelatihan khusus pengisian e-raport, tetapi karena beberapa faktor, masih saja muncul persepsi yang berbeda. Maklumlah, kami memang gaptek. Hanya tahu kulitnya saja. Kami hanya mengikuti instruksi saja.  Akun sudah ada. Username dan password sudah ada. Tinggal login kemudian melakukan langkah a, b, c, d dan seterusnya. Sementara mengapa harus melakukan a, bagaimana  dampaknya langkah a terhadap langkah lain kami tidak paham. Maka dalam penerapannya banyak sekali permasalahan yang muncul. Guru sudah menguplad nilai tetapi nilai akhir tidak muncul. Ada lagi, nilai sudah diupload tetapi aktivitas masih tidak terlihat di akun wali kelas. Ada nilai yang muncul di leger tetapi tidak muncul di raport. 

Yah, namanya program baru, pasti menimbulkan ekses. Wajarlah. Belum tertata dan masih membutuhkan penyesuaian di sana-sini. Programnya sendiri juga memiliki keterbatasan. Tidak bis mengakomodir kemauan semua orang. Jadi harus sabar. 

Saya sebaga pengguna merasa bahwa di setiap langkah selalu ada pembelajaran. Setiap ada tantangan baru ada ilmu yang bisa dipelajari. Kalau harus memahami semua hal dalam waktu singkat memang sulit. Harus bertahap. Jadi saya memilih menikmatinya. 

Tidak usaha membandingkan dengan sistim raport lama. Tidak usah mengeluh. Tidak usah lebay. Perubahan adalah fakta yang tidak bisa dihindari. Kesulitan yang kita alami hari ini tidak akan selamanya menjadi sebuah kesulitan. Ia akan menjadi pelajaran di masa yang akan datang. Kalau sekarang belum sempurna, optimis saja bahwa dengan berjalannya waktu akan ada perbaikan. 

Pendidikan adalah bidang yang sangat dinamis. Dari kurikulumnya, isinya, sistim dan sasarannya mengalami perubahan. Penetrasi teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan luar biasa cepat. Dalam hal ini, gurunya juga harus selalu meng-up grade diri secara mandiri. Belajar dan terus belajar. 

Mari kita nikmati perubahan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...