Rabu, 30 Januari 2019

Ikut Tantangan Membaca

Bismillahirrohmanirrohiim, 
Akhirnya, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti tantangan membaca. Sebelumnya saya pernah mendapat informasi tentang program ini, dari obrolan teman di grup wa. Saya tertarik, tetapi saya merasa tidak tahu apa-apa sehingga saya tidak bertanya apa-apa. 

Namanya RCO. Reading Chalenge Odop. Iya, ini memang program anakan dari program keren ODOP. Tahu kan siapa dia? Ha... ha... saya suka sekali kesasar di sana. 


Tantangan membaca. Penting sekali ya? Menurut saya sih, sangat sangat sangat penting. Nah loh. Sangat-nya sampai berulang-ulang. Itu artinya pentiiiiiing sekali. 

Why? Ya karena membaca itu belajar, dan belajar itu fitrah manusia secara umum. Apalagi saya adalah seorang guru. Saya menganjurkan murid-murid saya untuk rajin belajar, gemar membaca, kreatif dalam mencari informasi, ya kan. Terus aneh banget kan kalau saya yang menyuruh mereka, tidak rajin membaca? 

Eh, sebetulnya saya juga rajin membaca sih. Tapi menurut saya masih kurang rutin dan kurang banyak bacaannya. Bukan karena tidak ada bahan bacaan tapi karena malas membaca. Nah, saya berharap dengan ikut program ini penyakit malas itu berkurang. 

Pengalaman ikut komunitas One Day One Post beberapa waktu yang lalu, meski gagal di tingkat lanjut, saya merasakan benar pentingnya komunitas. Selain menambah teman, menambah ilmu, tanpa saya sadari saya belajar meneguhkan tekad untuk mencapai sesuatu. 

Setahu saya, di program ini anggota ditantang untuk membaca dengan target sekian halaman perhari. Dalam hati sih sempat ragu apakah saya bisa mengikutinya. Rasanya, duapuluh empat jam tidak cukung menampung aktifitas saya selama ini. Tapi saya berbaik sangka saja, siapa tahu di sana nanti saya mendapat trik bagaimana membaca efektif dengan memanfaatkan sedikit waktu. Ada nggak ya? 

Membaca sendiri kan sebetulnya sudah menjadi hobi saya sejak kecil. Dulu, bisa melahap buku dalam waktu singkat, sekarang tidak. Dulu semangat sekarang kurang bersemangat. 

Nah, sekarang saatnya mengembalikan semangat itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...