Jumat, 05 April 2019

Tau Tau

Bismillahirrohmanirrohiim,

Tau tau sudah sore aja. Tau tau sudah deadline. Tau tau sudah harus dikumpulkan. Lah kemarin-kemarin kemana? 

Sering kan ya mengalami hal seperti itu. Ah... sudah sering sih topik ini dibahas. Saya sepertinya juga beberapa kali membuat tulisan yang topiknya sejenis ini. 

Ini adalah masalah  sebagian besar orang, termasuk yang nulis ini. Kalau dibuat survey sederhana tentang mengapa orang mengalami masalah ini, saya bisa memastikan jawabannya adalah: malas. 

Malas itu suatu kondisi dimana seseorang merasa ogah melakukan sesuatu. Malas bergerak, kalau bahasa anak sekarang. Inginnya bertahan di tempat yang sama tanpa melakukan apa-apa. 

Malas itu penyakit hati. Cara mengobatinya tentu dengan cara melawannya. Harus ada kemauan dan tekad yang kuat untuk melawannya. 

Bagaimana caranya? 

Salah satu diantara pemicu rasa malas adalah mindset belanda masih jauh. Itu adalah ungkapan yang mengekspresikan tentang kesantaian. 

Tahu kan kalau dulu bangsa kita dijajah Belanda. Nah namanya penjajah tentu menakutkan. Orang pribumi takut sekali dengan bangsa Belanda. Pengennya segera lari agar tidak ditangkap dan disiksa. Nah untuk membebaskan rasa takut itulah temannya mengatakan : belanda masih jauh. Maksudnya jangan takut. Tidak akan membahayakan. Atau dengan kata lain : nyantai aja. 

Ketika  berada di tempat yang aman, kita merasa tidak perlu mencari perlindungan. Ketika berada pada kondisi yang "baik baik saja" kita merasa tidak perlu bekerja keras. Toh semua baik baik saja. 

Anggapan dan cara berpikir inilah yang membuat kita malas melakukan sesuatu. Mengapa belajar, kan ujian masih lama. Nyantai aja. Mengapa buru-buru mengerjakan tugas, toh batas akhir pengumpulannya masih lama. Besok masih bisa. Lusa masih bisa. Dan itu membuat kita tidak melakukan apa-apa. 

Akibatnya? Banyak hal yang sebetulnya bisa diselesaikan di awal terbengkalai dan akhirnya tidak kita kerjakan sama sekali. Ketika masa tenggatnya berakhir, kita kelabakan.  

To be Continued

Baca juga 
Melawan Rasa Malas






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...