Senin, 19 Agustus 2019

Cara Melakukan Aktivasi Kembali Mobile Banking Setelah Reset HP


Hari ini saya mendapat musibah.  e
Eh bukan sih. Pembelajaran baru, tepatnya. Ketika saya membuka tab, sinyal internet tidak muncul. Itu artinya saya tidak bisa mengakses internet. Saya periksa sambungan data. Aktif. Saya coba akses internet melalui browser, tidak bisa. Offline katanya. Saya restart dan saya tunggu beberapa saat tetap tidak berubah. Sinyal tetap tidak muncul. Saya tetap tidak dapat mengakses internet.


Saat itu, perasaan saya mulai dijalari kepanikan. Sambil tangan saya terus menerus utak utik dan berharap masalah segera teratasi. Terbayang betapa marahnya orang-orang yang mengirim pesan ke saya dan tidak tersampaikan. Seperti yang terjadi pada saya ketika saya berusaha menghubungi seseorang dan terabaikan. Beginilah rasanya menjadi kurban gadget. Subhanallah.


Singkat cerita saya tidak bisa menyelesaikan masalah meski semua cara saya coba termasuk reset ulang. Padahal ini adalah tindakan penuh resiko. Tab saya akan kembali perawan. Semua aplikasi kecuali bawaan tab akan hilang musnah dan saya harus kembali menginstalnya. Apa boleh buat. Resiko itu saya ambil karena -menurut saya- tidak ada pilihan lain.

Wusss dalam waktu sepersekian menit, ketika tab saya on kan tampilan menjadi minimalis. Antara sadar dan tidak. Saya memandangi layar dan berharap sinyal internet muncul. Nyatanya.... tidak. Alias saya gagal.

Baiklah, abaikan semuanya. Saya teringat mobile banking, salah satu aplikasi yang sangat vital bagi saya. Raib juga. Alamak. Saya harus mengembalikan. Sayapun menginstalnya dari playstore. Berhasil. Selanjutnya aktivasi. Memasukkan nomer rekening dan mobile pin. Ok. Selanjutnya memasukkan kode aktivasi. Saya cek email dan pesan masuk. Tak ada yang mengirinkan pesan berupa kode aktivasi. Coba satu, dua tiga kali tetap tidak berhasil. Akhirnya saya menyerah. Pergi ke kantor unit untuk minta bantuan aktivasi.

Sungguh saya berharap teman teman tidak mengalami hal seperti saya. Tetapi bila ada yang mengalami, berikut adalah pengalaman saya. Saya bagi di sini, siapa tahu ada yang membutuhkan.

Langkah-langkah mengaktifkan kembali mobile banking (bank jatim). Ini khusus untuk teman-teman yang mengalami kasus seperti saya. Sudah pernah registrasi tetapi keresetdanarus melakukan aktifasi lagi

Pertama, lakukan unreg dulu. Langkah ini dilakukan sebelum mengunduhdan menginstal aplikasi. Bila aplikasi sudah terlanjut diinstal harus di uninstal dulu. Pada proses unreg teman-teman akan mendapa bukti unreg seperti kita dapat struk saat melakukan transaksi via mesin atm. Oh ya, proses ini dilakukan melalui mesin atm. Dengan langkah:

  1. masukkan kartu atm 
  2. Ketik pin
  3. Pilih transaksi lain
  4. Mendaftar/mengatur ulang sms banking 
  5. Unregistrasi sms banking. Bila berhasil struk akan keluar struk dengan transaksi: unregistrasi sms banking. Setelah kita akan menerima sms pemberitahuan bahwa unreg kita berhasil. 


Kedua, lakukan registrasi kembali
Langkahnya seperti langkah pertama, tetapi menu yang dipilih adalah menu registrasi. Bila berhasil kita akan mendapatkan struk dan pemberitahuan lewat sms bahwa registrasi kita berhasil.

Ketiga, mengunduh dan menginstal aplikasi

Keempat melakukan aktivasi. Saat melakukan aktivasi, kita diminta untuk memasukkan kode aktivasi. Sesaat setelah melakukan aktivasi kita akan menerima sms pemberitahuan kode aktivasi. Masukkan kode aktivasi dan lanjutkan proses aktivasi

Setelah berhasil kita dapat melakukan transaksi seperti sediakala.

Semoga pengalaman saya ini berguna bagi teman-teman yang mengalami hal yang sama, seperti saya.

#keblokir
#aktivasimobilebanking
#bankjatim

21 komentar:

  1. Sama ini saya juga mengalami

    BalasHapus
  2. katanya semua mobile banking bank jatim eror ya, sekarang sudah bisa aktivasi kah?

    BalasHapus
  3. Saya ini sekarang mengalami

    BalasHapus
  4. Trimakasih postinganya sangat bermanfaat, dl pernah saat ganti hp, barusan terjadi lg saat update miui.. Tp langkah²nya lupa.. 🙏👍👍

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat sekali bagi bnyak orang

    BalasHapus
  6. Sama pwersis kayak pengalamanku..cm q gak tau kalo harus unreg dulu. Waktu itu cm iseng unreg trus regstrasi lagi dan trnyata berhasil dong.

    BalasHapus
  7. Nomor tin dapat dari mana yaaa

    BalasHapus
  8. Barusan saya coba langkah tersebut, setelah registrasi ulang, ternyata jawabannya, "nomer anda belum terdaftar".

    BalasHapus
  9. Berlaku untuk yg ganti HP juga apa tidak ya?

    BalasHapus
  10. Saya sudah berahasil, tp udah ketiga kalinya disuruh aktivasi ulang, kenapa ya???

    BalasHapus
  11. Ada yang tahu nggak nomor telepon yang support itu apa soalnya pakai Tri nggak bisa muncul kode registrasinya

    BalasHapus
  12. Sama setelah di perbarui kok malah gak bisa sih

    BalasHapus
  13. Saya juga mrngalami. Habid aktivasi tampilan bank jatim yg baru, saya coba login berkali2 sll muncul: SAYANGNYA MOBILE BANKING SUDAH BERHENTI. Lalu sy cb hubungi cs 14044. Jawabnya:BANK JATIM TIDAK SEDANG DALAM GANGGUAN, MOHON DICOBA ULANG, KALAU NGGAK BISA HARI INI, DICOBA LAGI BESOK.

    BalasHapus
  14. Nomor TIN dapat dari mana boss? Please beritahu saya.. gagal terus nih

    BalasHapus
  15. Waktu memasukkan passwors tidak bisa karena masih aktif padahal sudah berhasil unreg..ada yg pernah ngalamin g?

    BalasHapus

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...