Senin, 01 Juni 2020

Cover kotak tisu rajut

Bermula dari kebutuhan kotak tisu saat lebaran, timbullah niatan untuk membuat kotak tisu rajut. Setelah browsing-browsing pola cover kotak tisu, saya memilih pola granny dan pola biasa. Syukurlah, akhirnya jadi juga 5 (lima) cover kotis.
Tiga diantara  Cover kotis 
Teman-teman yang ingin tahu proses pembuatannya bisa menyimak ulasan berikut ini.

Membuat ukuran 
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat ukuran. Dari kotak tisu yang kita miliki, kita ukur panjang dan lebak kotak. Misalnya ukurannya adalah lebar 12 cm, panjang 24 cm dan tinggi 8 cm. 
Dari ukuran kita tentukan panjang lubang tengah. Panjang lubang = panjang - lebar. Hasil pengurangan itu adalah 12 cm. 

Membuat lubang tengah 
Langkah kedua adalah membuat lubang tengah, tempat tisu menyembul dari dalam. Kita buat rantai berkelipatan 3 sepanjang kurang lebih 24 cm. Di sini saya menggunakan rantai sebanyak 60 ch sebagai awalan. 
Kita satukan ujung dengan ujung membentuk lingkaran. Selanjutkan kita buat sc berkeliling, hasilnya seperti terlihat pada gambar. 

Membuat baris pertama
Selanjutnya kita buat 2 ch (rantai) dilanjutkan dengan 3 dc pada lubang sama. Ini nanti akan menjadi ujung. Setelah 3 dc pada lubang yang sama, 3 ch skip 2, 3 dc di lubang berikutnya. Ulangi 8 kali, 3 ch, skip 2, 3 dc di lubang berikutnya, 3 ch, skip 2, 3 dc di lubang berikutnya, (skip 2, 3 dc di lubang berikutnya) x 8 kali, 3 ch, akhiri dengan slip stich dan satukan dengan ch awal. Hasilnya sebagai mana terlihat pada gambar. 

Membuat bagian atas kotak
Selanjutnya adalah membuat bagian atas kotak. 
Perhatikan bagian ujung-ujung di atas. Ada penambahan 3 ch di sisi kiri dan kanan. Sementara pada kluster yang lain tidak. Pada 3 ch di kiri kanan klustet ujung nantinya akan diisi oleh dua kluster dengan penambahan 3 ch. Hasilnya sebagaimana terlihat pada gambar. 

Kita lakukan sampai 7 baris.

Membuat badan kotak
Bila sudah selebar atau sesuai dengan bagian atas kotak (tutup) dilanjutkan dengan membuat badan kotak. 

Caranya adalah melakukan pengurangan di setiap pojoknya. Kalau sebelumnya di setiap pojok dibuat 2 kluster yang dipisahkan dengan ch, maka pada pengurangan hanya dibuat satu kluster tanpa ch. 
Lakukan sebanyak 8 baris atau menyesuaikan dengan tinggi kotak. 

Finishing
Setelah dirasa cukup, lis dengan sc berkeliling. Bisa dua atau tiga baris. Setelah selesai, cover siap untuk dipasang pada kotak tisu. Saya sengaja menggunakan kotak buatan sendiri, dari kardus bekas.



Teman teman yang ingin mencoba membuatnya bisa mengadopsi pola diatas. 
Bagi yang tidak ingin repot bisa memesan dengan menghubungi kami di 085649146501. 
Harganya cukup terjangkau, cukup 35k untuk cover kotak tisue 1 warna dan 45 k untuk kombinasi 2 warna. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...