Selasa, 07 April 2020

Mencari Orang Cerdas


Cerdas adalah sempurna akal budinya (kbbi online). Termasuk di dalam akal budi adalah berpikir, mengerti, memahami dan lain sebagainya. Sehingga orang yang cerdas dapat dimaknai sebagai orang yang sudah sempurna cara berpikirnya, sudah mengerti mana yang benar dan mana yang salah serta mengambil keputusan di jalan yang benar.

Mengetahui atau mengerti bahwa sesuatu itu baik, belum bisa dikatakan cerdas. Kecerdasan menuntut seseorang menentukan pilihan, yaitu memilih hanya yang baik untuk dirinya dan orang lain.


Beberapa ciri orang cerdas adalah:
  •  Dapat mengatur suasana hati. Orang cerdas tidak mudah emosi. Ketika berhadapan dengan orang atau suasana yang bertentangan dengannya, orang cerdas akan memikirkan apa yang melatarbelakangi perbedaan itu. Orang cerdas lebih mengedepankan mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah dan bukan mencari penyebab masalah. 
  • Mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Orang cerdas adalah orang yang gemar belajar dan. Mencari pengalaman. Kondisi, situasi dan keadaan yang tidak atau belum pernah dialaminya akan memberi pengalaman baru baginya. Itu sebabnya, orang yang cetdas mudah beradaptasi.
  • Mampu memahami orang lain. Orang cerdas melihat dirinya dan orang lain adalah sama-sama penting. Dengan demikian orang cerdas memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain. Dengan kemampuannya memahami orang lain, orang-orang cerdas jarang berada di lingkungan konflik.
  • Mampu berpikir di luar kebiasaan orang berpikir. Karena orang cetdas gemar belajar dan mencari pengalaman baru, maka dia memiliki banyak referensi untuk menyelesaikan masalah. Dia memikirkan apa yang tidak dipikirkan oleh orang lain. 

Jadi, apakah Anda termasuk orang cerdas? 

2 komentar:

  1. Bunda endah ini tipe orang yg cerdas,tekun ibadah,tdk kenal lelah,kemauannya keras,pekerja keras,peduli teman,jujur,disiplin n penuh tanggung dlm sgl hal,tetapi bnyk orang yg blom paham dg karakter beliau,sy tidak akan menilai dr kaca sebelah n melihat dr sisi kekurangannya terhadap beliau, sy bnyk tambahan ilmu belajar dr beliau .. smg bu endah ttp melakukan kegiatan dg tulus n iklas, sll dlm lindungan Allah SWT n menjadikan amalan khasanah, tulus dr hati sy yg paling dalam tanpa tendensi apapun,slmt berjuang bu endah smg sehat n manfaat untuk kelg.n umumnya bagi qt semua,aamiin2 yra ..mksh n semangat

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah singgah bunda
    Salam

    BalasHapus

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...