Rabu, 20 Mei 2020

Buku Ajar


"guru adalah pembelajar sejati, menulis dan membaca adalah nafasnya"
Menulis itu adalah hobi saya selain membaca. Sekarang bukan hanya hobi tetapi menjadi sebuah tuntutan. Sebagai seorang guru, tuntutan menulis itu tak mungkin terelakkan.

Saya membaca setiap hari. Saya memarkahi portal berita arus utama, kompasiana dan catatan harian Dahlan Iskan. Maka setiap pagi saya sempatkan membaca untuk update berita dan isu terhangat setiap hari.

Saya memang sengaja memilih sumber berita. Tidak semua berita saya baca. Pemilihan ini menurut saya sangatlah penting mengingat banyaknya berita yang tak terkonfirmasi sehingga saya ragukan kebenarannya. Jadi saya pilih yang pasti-pasti saja.

Disway adalah catatan harian Dahlan Iskan yang tak pernah saya lewatkan. Tayang setiap hari jam 04.00. Maka saya  menjadikannmenjadikannya sebagsi sarapan pagi untuk memulai hari.

Namanya juga catatan harian, maka topiknya bermacam-macam, terutama yang sedang nge-hits di kelas pemikiran seorang Dahlan Iskan.

Tidak semua tulisan pak Dahlan saya pahami maksudnya.  Tapi saya tetap menyukai meski tanpa pemahaman yang baik. Kelebihan pak Dahlan dalam menulisa adalah dapat  membawa topik berat menjadi ringan dan mudah dipahami. Inilah yang saya suka.

Hal lain yang saya suka dari pak Dahlan adalah beliau selalu mengkonfirmasi berita yang ditulisnya ke narasumber yang  bisa dipercaya.

Portal berikutnya yang tidak terlewatkan adalah kompasiana. Kebetulan saya juga terdaftar sebagai kompasianer meskipun tidak aktif sekali menulis di sana. Kompasianer adalah blog kawakan. Saya lupa tahun berapa menjadi anggota. Sudah menulis juga beberapa artikel di sana.

Selain dua yang saya sebut di atas saya juga membaca gurusiana.id. Berbeda dengan kompasiana, gurusiana ini merupakan komunitas guru yang suka menulis. Saya menjadi member juga di blog ini. Sempat mengikuti program tantangannya juga. Tiga bulan penuh saya menulis tanpa jeda, setiap hari satu tulisan. Lumayanlah, membangun kebiasaan menulis.

Membacanya setiap hari, bagaimana dengan menulisnya? Berusaha setiap hari. Menulisdi mana saja, baik diposting maupun tidak diposting. Menulis hal-hal yang ringan atau yang agak berpikir, misalnya menulis materi ajar atau soal.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...