Selasa, 11 Agustus 2020

Belajar Edmodo


Diklat kali ini adalah tentang penggunaan learning managemen systim edmodo. LMS yang satu ini t mpiln antar mukanya seperti  media sosial facebook. Tentu tidak asing bagi masyarakat Indonesia yang fesbuker, sampai-sampai dijadikan acara di salah satu stasiun tv. 

Pertemuan pertama adalah mengenal apa itu edmodo. Apa kelebihan dan kekurangannya. Pertemuan kedua membuat akun edmodo. Ada tiga jenis akun edmodo yaitu akun guru, akun siswa dan akun orangtua. Syarat untuk memiliki akun edmodo harus mempunyai email. Satu akun satu email. Jadi dalam pelatihan ini, peserta harus memiliki 3 email. 

Pembuatan akun email relatif mudah. Langkahnya kurang lebih begini:

  1. Buka https://new.edmodo.com/
  2. Daftar dengan memilih salah satu jenis akun (guru, siswa atau orangtua)
  3. Isikan alamat email
  4. Isi formulir dengan identitas kita lanjutkan dengan ok
  5. Akun sudah jadi. 

Kami membuat tiga akun sekaligus dengan tiga email yang berbeda. Memiliki aku siswa ini penting agar guru mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran nantinya. 

Usai pembuatan akun dilanjutkan dengan membuat kelas. Pembuatan kelas dilakukan oleh akun guru. Caranya adalah dengan mengeklik tanda plus pada "tanbah kelas". Kemudian mengatur kelas yang kita inginkan seperti nama kelas, deskripsi dan lain sebagainya dilanjutkan dengan menekal tombol buat. Sampai di sini urusan membuat kelas selesai. 

Selanjutnya adalah mengundang siswa. Akan dila jutkan di tulisan berikutnya.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...