Minggu, 03 Februari 2019

Naik Kereta Api


Kalau melakukan perjalanan darat, suka pilih alat transportasi apa nih? Kan banyak tuh alat transportasi darat. Ada kereta api, bus atau travel. Semua ada plus dan minusnya. Kalau saya sih lebih suka naik kereta. Naik bis atau travel itu kalau terpaksa. Artinya, bagi saya, kereta adalah pilihan utama.

Naik kereta itu banyak serunya. Sejak masih sekolah sampai sekarang, sudah nenek-nenek, kereta masih alat transportasi favorit saya. Kesukaan  itu tanpa saya sadari menurun ke anak-anak saya. Mereka juga lebih suka naik kereta api ketimbang naik alat transportasi lain. 



Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi tentang pengalaman saya menggunakan alat transportasi legendaris ini. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Terutama bagi kalian yang belum pernah naik kereta. Ih, ada nggak sih orang yang belum pernah naik kereta.

Ok, inilah beberapa hal yang ingin saya bagi. Simak ya.

Beli tiket
Kereta api era sekarang, sistim pertiketannya online. Bisa dipesan jauh hari sebelumnya. Untuk kereta lokal seperti perjalanan Blitar-Surabaya, Malang-Blitar atau Malang-Surabaya setidaknya tiket bisa dipesan 7 hari sebelum hari H keberangkatan. Untuk kereta jarak jauh seperti Blitar-Jakarta, Blitar-Jogja, Surabaya-Jogja atau sejenisnya tiket bisa dipesan sebulan sebelumnya.

Pembelian tiket seperti ini, mengharuskan calon penumpang merencanakan baik-baik perjalanannya. Tidak bisa dadakan. Sekarang pengen pergi, sekarang beli tiket. Meskipun hal itu bisa dilakukan, tetapi resikonya akan kehabisan tiket. Hal itu karena jumlah tiketnya dibatasi. Selengkapnya tentang aturan reservasi tiket silahkan klik di sini

Oh ya ada dua jenis tiket ya untuk penumpang kereta lokal. Yang pertama adalah tiket dengan tempat duduk. Pemegang tiket ini adalah penumpang yang mendapatkan nomer tempat duduk yang tertera pada tiketnya. Jenis yang kedua adalah tiket tanpa tempat duduk. Pemegang tiket ini tidak mendapat jatah tempat duduk. Artinya dia harus rela berdiri selama perjalanan. Bila ada kursi kosong, bolehlah ia duduk tetapi harus rela berdiri kembali bila si empunya meminta.

Bagaimana dengan anak-anak? Anak berusia lebih dari tiga tahun harus membeli tiket dan akan mendapatkan jatah kursi. Jadi Anda tidak perlu khawatir kalau membawa anak-anak bepergian. Dia akan mendapat tempat duduk sesuai tiketnya. Sekali lagi, kecuali tiketnya tanpa tempat duduk 

Kalau Anda ingin membeli tiket kereta lokal, Anda harus datang ke stasiun yang disinggahi oleh kereta Anda. Selanjutnya, Anda harus mengisi formulir pemesanan. Di dalamnya Anda harus menuliskan nama calon penumpang dan no identitas seperti KTP atau SIM. Satu lembar formulir maksimal bisa digunakan oleh empat orang penumpang. Tiketpun bisa dipesan pulang pergi sehingga lebih praktis.   

Layanan Kereta Api
Pelayanan Kereta api semakin baik. Sebagai efek dari penjualan tiket yang dibatasi, gerbong kereta api menjadi lengang sesuai dengan kapasitas seharusnya. Jumlah penumpang berdiri (tanpa tempat duduk) dibatasi. Kelapangan gerbong ini tentu saja membuat penumpang merasa nyaman.

Setiap gerbong juga dilengkapi dengan sekurang-kurangnya 6 unit pendingin udara (AC). Oleh karena itu pintu gerbong harus dalam keadaan tertutup atau segera ditutup bila ada penumpang yang membukanya. Keberadaan pendingin ruangan sesuai dengan aturan berikutnya yaitu penumpang tidak boleh merokok.  Ini adalah  berita baik  bagi kaum yang menghindari rokok dan berita buruk bagi kaum perokok. Bila ada penumpang yang nekad, sanksinya adalah diturunkan di stasiun terdekat. Nah lo.

Sarana lain yang tersedia di dalam gerbong kereta adalah charger. Saat ini, kebutuhan arus listrik adalah kebutuhan pokok, karena nyaris setiap orang pengguna gawai. Bisa dibayangkan sulitnya bagi pengguna gawai bila kehabisan baterei dan tidak mendapatkan sumber arus.  Dalam satu blok ada 2 terminal sehingga Anda dapat bergantian dengan penumpang lain.

Lampu penerangan dalam gerbong juga cukup. Dalam satu gerbong ada 8 lampu tabung yang selalu menyala untuk Anda. Anda yang hobi membaca tidak perlu khawatir. Kegiatan membaca Anda tidak akan terganggu karena kurangnya penerangan. 

Layanan berikutnya adalah ketepatan waktu keberangkaan. Jadwal keberangkatan tercantum pada tiket kereta dan bisa Anda cek setiap saat. Kalaupun ada  keterlambatan, pihak kereta api akan memberitahukannya kepada Anda. Bahkan, informasi juga akan diberikan melalui audio di setiap gerbong di stasiun mana kereta akan berhenti. Jadi, Anda tidak khawatir terlewat dari stasiun tujuan. Bukankah informasi ini akan menenangkan Anda sebagai penumpang. 

Kebersihan gerbong juga menjadi titik layanan yang diperhatikan oleh KAI. Petugas kebersihan akan mengambil sampah penumpang dan menghimpunnya dalam kantong plastik besar. Tempat sampah berupa kresek kecil disiapkan di setiap blok bangku penumpang. Lantai-lantai gerbong juga terpelihara kebersihannya.

Sementara ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan bila naik kereta api, yaitu:

Bawa tanda pengenal Anda
Tanda pengenal akan ditanyakan pada saat pemeriksaan. Memang sih beberapa kali petugas tidak menanyakan tanda pengenal, tetapi bersiap-siap tidak ada salahnya kan. Sangat tidak lucu bila perjalanan Anda gagal hanya karena Anda tidak bisa menunjukkan tanda pengenal Anda.

Siapkan bekal perjalanan Anda
Di atas kereta api tidak diperbolehkan pedagang makanan naik ke atas gerbong. Tidak ada pedagang berkeliaran di area stasiun. Anda akan kesulitan mendapatkan makanan murah bila lapar. Jadi yang paling aman adalah, bawa bekal sendiri.

Siapkan baju hangat
Di gerbong kereta api, bila kebetulan pendingin udara berfungsi dengan baik, udara terasa sangat dingin. Anda bisa menggigil kedinginan tanpa baju hangat.

Itulah sedikit pengalaman yang dapat saya bagi kepada Anda, pengunjung blog saya. Semoga bermanfaat dan happy traveling.

4 komentar:

  1. Naik kereta sekarang memang sangat nyaman. Ber eda demgan kereta waktu tahun 1998. Saya sukaaaa naik kereta. Sayangnya sejak tinggal di bogor akses ke stasiun agak ribet jadi jarang naik kereta kalau pulkam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Penumpang kereta api selalu membludak. Bukti bahwa penggemarnya semakin banyak.

      Hapus
  2. Saya jadi pengen tahu gimana kereta jaman dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh mas, menderita naik kereta jaman dulu. Masuknya saja berebut, takut gak dapat tempat duduk.

      Hapus

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...