Senin, 04 Februari 2019

Mengikuti Tantangan Membaca, Yes!


Bismillahirrohmanirrohiim,
Hari ini adalah hari pertama tantangan membaca. Nama programnya keren. RCO, Reading Chalengge ODOP. Ya, program ini memang program lanjutan dari program One Day One Post. Untuk mengikuti program ini harus menjadi alumni ODOP dulu. Tak heran bila selama ini saya hanya mendengar program ini dari anggota grup, tapi tidak pernah mendapat informasi yang cukup untuk mengikutinya.

Setelah menjadi alumnus ODOP saya berkesempatan untuk mengikutinya. Mendengar namanya saja saya sudah tertarik, apalagi benar-benar mengikutinya. Padahal, jujur saya akui, setelah membaca peraturannya keder juga.



Mau tahu peraturannya? Nih baca 

INFORMASI PERATURAN Reading Challenge Odop 5

- RCO akan dimulai tanggal 4 Februari 2019 hingga 45 hari berikutnya,
- RCO episode ini terdiri dari 5 level,
- peserta membaca buku sesuai dengan tema yang telah deitentukan pada tiap-tiap level,
- jumlah halaman per hari ditentukan oleh PJ,
- hanya boleh absen maksimal 3 kali dalam satu level. Jika lewat 3 kali, maka tidak bisa lanjut ke level berikutnya,
- laporan yang sudah mengisi form dimulai pukul 05.01 - 05.00 (di hari berikutnya) melalui google form yang linknya akan dishare setiap pagi
- pagi diharapkan untuk mengatur chat agar tertib, karena ada kiriman rekap harian dari PJ, dan
- wajib mengerjakan setiap tantangan pada setiap levelnya.


Tema buku yang harus disiapkan adalah :
- Biografi (NF)
- Fiksi peraih nobel sastra (F)
- Sejarah (NF)
- Buku bahasa asing (N/NF)

Setiap pagi (antara pukul 05.00-08.00) dimohon untuk tertib dalam melakukan percakapan di grup, karena akan ada rekap harian setiap pagi. Boleh melakukan laporan baca, tapi tertib. πŸ˜‰

Silakan disiapkan mulai dari sekarang ya πŸ₯Ί✊🏻

Apabila ada pertanyaan, boleh menghubungi PJ
Apabila ada peraturan tambahan, akan diinfokan melalui grup.


Nah, ngeri kan ya. Saya dibuat ndredeg saat membaca aturan itu. Sambil mem-bintang-i saya berdoa semoga dapat melewati tantangannya. Grup mendadak rame. Banyak anggota yang menanyakan tentang peraturan itu. Saya sendiri sebetul belum terlalu mudeng, eh sudah disusul informasi berikutnya. Seperti ini,


*SELAMAT SORE TEMAN-TEMAN*

Sudah tanggal 3 aja ya πŸ˜„πŸ‘πŸ» 
Berarti besok RCO sudah dimulai ✊🏻

SUDAH SIAPKAH MENERIMA TANTANGAN?

Nah, tantangan di *LEVEL 1* ini belum terlalu berat, loh. 

Yuk dibaca ⏬⏬
- LEVEL 1 Berlangsung 7 hari (6 hari untuk baca wajib, 1 hari untuk pengumuman kenaikan level),
- buku yang dibaca level 1 temanya masih *BEBAS* (bisa fiksi atau nonfiksi),
- tebal buku minimal 120 halaman,
- tidak harus berupa buku cetak, dan
- minimal membaca 20 halaman per hari.

*TANTANGAN*
1. Membuat resensi di blog masing-masing, kemudian taruh link ke grup Share Link dengan diberi keterangan 'Tantangan 1 RCO Level 1'

2. Posting gambar buku yang sedang dibaca ke akun facebook atau instagram masing-masing dengan menandai minimal 10 akun (5 dari RCO, 5 dari non-RCO)
Captionnya adalah alasan memilih buku itu untuk dibaca. Apa sih yang menarik dari buku tersebut? Jangan lupa ajak semua teman-teman di medsos untuk membaca buku tersebut.
Sertakan hastag #ReadingChallengeOdop dan #OneDayOnePost ya 😊✊🏻

Laporan baca bisa dimulai pukul 5 pagi. Tunggu PJ mengirim link untuk form-nya ya πŸ™

Melakukan laporan baca dengan disiplin 🀭 : POIN 1
Mengerjakan tantangan : POIN 3

Bagaimana? Gampang, kan? Masih mau bilang tantangannya berat? Masih mau left dari grup? πŸ˜€ 

Selamat memulai challenge ✊🏻✊🏻✊🏻

Tidak ada pilihan lain. Saya harus mempersiapkan sejang sekarang. Untuk level satu saya memilih membaca fiksi saja. Saya pinjam novel Ami, karya Tere Liye, berjudul Ayahku (Bukan) Pembohong. Sengaja saya memilih novel bukan non fiksi. Karena bagaimanapun membaca novel, bagi saya, lebih melenakan dari pada buku nonfiksi. Jumlah halaman novel ini 198 halaman. Jadi setidaknya saya harus menyelesaikan 60 halaman setiap hari.

Alhamdulillah, hari pertama saya berhasil menyelesaikan 62 halaman. Semoga saya bisa istiqomah menyelesaikan tantangan ini.
Doakan ya.

Setelah ini, saya akan mewarnai blog ini dengan tulisan tentang buku-buku yang saya baca.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya semangat juga buat mbak Alif. Semoga dimudahkan untuk melewati setiap levelnya.
      Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...