Kamis, 28 November 2019

Belajar dari Pengalaman




Bahwa manusia itu adalah makhluk yang selalu lupa, benar banget. Mungkin karena banyak sekali yang masuk dalam memori manusia yang terbatas sehingga tumpukan informasi itu tidak mudah dikenali. 


Bayangkan  lemari Anda yang penuh dengan bebagai macam barang. Sudah begitu, Anda menyimpannya tidak beraturan. Main masuk aja. Asal dapat barang, masukkan. Tidak diorganisir dengan baik. Maka ketika Anda harus mencarinya -suatu hari- Anda akan kesulitan menemukan. 



Itulah otak kita. Itupula mengapa kita harus menulisnya. Dulu ketika saya menghadapi masalah dan kemudian berhasil menyelesaikannya, saya berniat menulisnya, langkah per langkah. Hari ini, ketika masalah itu berulang, saya tinggal mencarinya kembali. Mengikuti kembali langkah-langkah yang sudah pernah saya tulis dan ... berhasil. 



Inilah pentingnya menulis. Tidak harus yang wah-wah yang ditulis. Pengalaman sendiri saja ternyata sangat membantu. Begitupun saya masih angin-anginan. Kalau anginnya lagi baik nulis tapi kalau anginnya tidak baik tidak menulis. 

Semoga tulisan ini menjadi pengingat untuk rajin menulis. 

#menulis
#hobimenulis
#menu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...