Selasa, 24 Desember 2019

Hal Kecil Yang Akan Meringankan Pekerjaan Anda di Dapur


Selamat pagi, setengah siang, siang, sore atau malam. Salam emak. Salam perempuan. Hari ini kita akan ngobrol dunia kita, dunia para emak.


Tahulah ya, sebagai emak, pekerjaan kita mah banyak. Sebagai istri, kita harus ngurusin suami, karena ternyata banyak hal yang harus dilakukan istri untuk suaminya. Ya toh? Nah sebagai ibu, kita harus ngurusin anak-anak. Yang ini tambah banyak lagi yang harus dikerjakan. Belum lagi sebagai perempuan bekerja, kita harus bertanggungjawab terhadap tugas kita.
Ya, itu resiko sih. Tapi bukan emak strong dong, kalau menyerah. Bukankah perempuan ditakdirkan sebagai perempuan kuat dibalik kelemahannya? Jadi jangan pernah menyerah wahai emak. Emak-emak kita udah mengajarkan kita menjadi perempuan perkasa, tidak cengeng dan multitalenta. 

Mengurus rumah tangga bukanlah hal sederhana. Apalagi kalau kita harus mengerjakan segala sesuatunya sendiri, tanpa asisten.  Mulai dari menyiapkan makanan, beberes, mencuci baju, menyiapkan keperluan anak sampai mengantar sekolah dan menjemputnya.

Nah untuk bisa menyelesaikan semua itu, kita harus cerdas dalam mengelola tugas. Kita harus jeli memilah dan memilih pekerjaan mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Selain itu kita juga harus cerdik dalam mengelola pekerjaan. Kadang-kadang ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan secara bersamaan sehingga menghemat waktu.

Di sini, emak akan sedikit sharing tentang beberapa hal kecil (urusan dapur) yang bila kita lakukan dapat menghemat waktu dan tenaga kita.

1. Menyiapkan santan
Santan adalah sesuatu yang sering kita butuhkan saat memasak. Ada beberapa pilihan sih untuk menggunakan santan ini. Ada yang suka santan instan. Ada yang suka beli kelapa parutan atau bahkan ada yang suka beli kelapa kemudian memarutnya sendiri.
Bila emak tidak suka santan instan tetapi malas memarut kelapa, emak dapat menyiapkan santan dengan cara memblender kelapa. Sementara proses blender  kelapa berlangsung, emak bisa melakukan pekerjaan lain. Disambi istilah orang jawa. Tidak usah khawatir dengan hasilnya. Hasil blenderan kelapa ini  menghasilkan santan yang fresh lo.

2. Bumbu Inti
Bumbu inti adalah bumbu pokok yang terdiri dari bahan dasar seperti bawang merah dan bawang putih. Biasanya bumbu inti ini disiapkan sekaligus dalam jumlah yang banyak. Dengan memiliki bumbu inti, emak dapat menggunakannya setiap kali masak. Tidak perlu kupas-kupas dan uleg-uleg. Tinggal menyendok dan menggunakannya untuk memasak.
Cara menyiapkannya gampang sekali. Kupas bawng merah bawah putih dengan komposisi sesuai selera. Cuci bersih, blender dengan minyak goreng kemudian tumis tanpa minyak (karena sudah mengandung minyak) sampai masak. Dinginkan, masukkan dalam wadah kedap udara dan simpan dalam kulkas.

Emak tinggal menggunakan untuk memasak. Tentu saja dengan menambahkan bumbu pelengkap lain seperti lada, cabe, daun salam, laos dan lain sebagainya, sesuai enis masakan dan selera kita.

3. Merebus bahan makanan secara berurutan dalam satu wadah.
Misalnya emak akan membuat gado-gado atau pecel dimana harus merebus beberapa sayuran, emak dapat menggunakan satu panci. Misalnya emak akan merebus kecambah, kacang panjang, wortel dan kubis. Mula-mula didihkan air, masak kecambah, angkat masukkan kacang panjang dan wortel, angkat, masukkan kubis. Dengan demikian emak dapat menghemat waktu, air dan peralatan bersih.

4. Cuci peralatan kotor segera setelah dipakai.
Memasak dalam kondisi dapur bersih akan menumbuhkan semangat memasak. Beda halnya bila emak akan memasak tapi banyak peralatan kotor yang menumpuk di wastafel. Belum masak emak sudah neg dengan peralatan kotor. Maka, malam hari sebelum tidur usahakan mencuci bersih piring dan peralatan dapur. Yakin deh, pagi hari ketika masuk dapur semangat memasak kita akan meningkat. Saat memasakpun, jangan malas mencuci segera peralatan yang emak pakai.

5. Simpan bahan dalam partai kecil
Mungkin emak berpikir untuk membeli bahan dalam jumlah banyak dan menyimpannya di kulkas karena emak tidak punya waktu untuk belanja. Misalnya daging. Simpanlah daging dalam dalam irisan-irisan kecil misalnya 250 gram. Tentu saja ini disesuaikan dengan kebiasaan emak menggunakannya. Dengan menyimpannya seperti ini, akan memudahkan emak untuk menggunakanya satu atau dua kantong tanpa harus harus mengirisnya. Lagi-lagi cara ini dapat menghemat waktu emak.

Itulah 5 hal kecil yang akan membantu emak menyelesaikan daftar pekerjaan yang panjang.

Semoga bermanfaat

#dapur
#emakcerdas
#ibubijak
#memasak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...