Senin, 20 Januari 2020

Yang Harus Anda Ketahui Dalam Berkomentar di Media Sosial

Dunia hari ini adalah dunia gemerlapnya media sosial. Anda, saya dan berjuta-juta orang di luar sana adalah pengguna media sosial. Kita berada dalam jaringan yang saling terkoneksi satu dengan yang lain. Hanya dengan satu kali klik, kita sudah terhubung, meski secara fisik kita tak pernah bertemu. 

Persahabatan, transaksi dan pertengkaran bisa terjadi melalui dan di mediasi oleh media sosial. Maka tak heran bila berawal dari media sosial ini banyak hubungan silaturahmi terbangun sekaligus dipatahkan.


Komentar adalah salah satu karakteristik media sosial. Dengan berkomentar terjadi interaksi antara penulis dengan pembaca. Komunikasi yang terbangun antara pembaca dan penulis akan menjadi silaturahmi yang baik bila interaksi diantara keduanya positif. Sebaliknya komunikasi buruk diantara keduanya bila ineraksi diantara keduanya negatif. 

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum menuliskan komentar di kolom komentar agar terbangun komunikasi yang baik. 

Pertama, bacalah tulisan dari awal hingga akhir secara utuh. Pahamilah maksud penulis. 
Memahami maksud penulis adalah wajib hukumnya bagi pembaca yang ingin menuliskan komentar di kolom komentar. Seringkali komentar yang memicu pertengkaran di media sosial adalah karena penulis komentar tidak memahami  pesan si penulis dengan baik. 

Kedua, sadarilah bahwa tidak semua tulisan perlu dikomentari. Mungkin Anda adalah orang yang kritis. Tetapi yakinlah bahwa setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda. Cara pandang penulis boleh jadi berbeda dengan cara pandang Anda. Dan hal itu sah sah saja. Tidak harus dipertentangkan di ruang terbuka. Bila Anda tidak setuju dengan apa yang mereka lakukan, cukup tunjukkan bahwa Anda tidak melakukan hal serupa. 

Ketiga, pakailah bahasa yang santun dalam berkomentar. Bagaimanapun kesantunan diyakini sebagai ekspresi dari kerendahan hati. 
Rendah hati adalah sikap yang efektif untuk penghargaan diri. Anda ingin orang lain menghargai Anda? Bersikaplah rendah hati. Anda akan mendapatkannya. 

Itulah tiga hal yang harus kita perhatikan dalam berkomentar, agar kehidupan kita damai baik di dunia nyata maupun di dunia maya. 

Salam 

#komentarbaik
#pesanbaik
#mediasosial
#bercerita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...