Minggu, 16 Agustus 2020

Mengunduh Nilai di Edmodo



Masih tentang belajar menggunakan LMS Edmodo. Kali ini adalah belajar mengunduh nilai di Edmodo. Sebagaimana layaknya pembelajaran berbasis digital, kita tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga membuat kuis dan memberi tugas ke siswa. Pada LMS Edmodo ini, selain tampilan antar muka yang familiar, pembuatan kuis juga relatif sangat mudah. Pilihan jenis soal yang kita buat beragam, mulai dari pilihan ganda, uraian sampai dengan menjodohkan. Dan bukan hanya itu, penilaiannya pun relatif mudah. 

Setelah beberapa waktu yang lalu saya belajar membuat kuis dengan 6 tipe soal yang ada (yang semuanya saya coba- karena tugas) sekarang saatnya mengunduh nilai. Dari 67 anggota ada 46 siswa yang sudah mengumpulkan dan saya beri nilai dan ada 20 siswa yang belum mengumpulkan. 

Hari ini saya ingin mengunduh skor mereka, baik yang sudah mengumpulkan maupun yang belum mengumpulkan. Berikut adalah langkah-langkah mengunduh nilai di edmodo. 

  1. login menggunakan akun guru 
  2. pilih kelas yang nilainya akan diunduh 
  3. pilih postingan kuis yang nilainya akan diunduh 
  4. selanjutnya klik kotak yang menyebutkan ada sekian siswa telah mengumpulkan 



  5. klik kelas dan temukan "kemajuan" di sana 
  6. Klik kemajuan dan kita akan mendapatkan tampilan seperti ini 



  7. Terdapat tombol eksport di sana. Klik tombol tersebut untuk mengunduhnya

File unduhan kita adalah excel tapi berextensi scv. Kita bisa mengubahnya dengan save as dan mengganti extensinya. Selanjutnya file itu bisa kita konversi menjadi nilai.  

Ini lebih mudah daripada kita mengoreksi secara konvensional. Bagi guru, pekerjaan lebih cepat selesai dan rapi. Inilah kelebihan pembelajaran berbasis digital. Untuk mengantisipasi kecurangan siswa dalam mengerjakan kuis mungkin bisa dilakukan dengan pembatasan waktu untuk mengerjakan. 

Semoga bermanfaat 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...