Minggu, 07 Oktober 2018

Memoar



Bismillahirrohmanirrohim,
Setelah bercerita tentang Biografi dan otobiografi berikutnya tentang 'memoar' Saya pernah membaca kata ini tetapi tidak eh belum paham. Ternyata ini termasuk jenis tulisan.

Memoar adalah tulisan tentang kisah menarik seseorang. Jadi sesuai dengan yang saya pahami kalau saya menuliskan kejadian kejadian yang menarik dalam hidup saya berarti saya menulis memoar.



Kalau batasannya seperti ini, berarti saya sudah sering membacanya. Tulisan jenis ini banyak bertebaran di dunia maya, dan termasuk kesukaan saya. Mengetahui kisah orang lain itu menambah wawasan. Kadang-kadang menginspirasi ketika menghadapi masalah yang sama. Kadang membuat kita tergugah untuk mengikuti perbuatannya. Seperti mendapat pelajaran dengan tidak sengaja.

Ah... lagi-lagi saya penasaran. Saya browsing dengan kata kunci memoar. Saya menemukan beberapa blog yang menamakan diri memoar sang pemimpi. Saya membaca beberapa tulisannya. Isinya kisah-kisah menarik yang dia alami seperti kisahnya ketika dia mengikuti lomba cerpen. Awalnya dia ikut lomba itu tujuannya untuk mendapatkan hadiah. Dia butuh uang untuk mendaftar perguruan tinggi. Dengan berdarah-darah, akhirnya dia memenangkan lomba itu. Juara 3.

Saya menyelesaikan cerita yang menurut saya heroik itu sampai tuntas. Setelah selesai, untuk beberapa detik, saya menggumam : luar biasa. Meskipiun dia mengaku masih pemula dan masih belajar menulis tetapi tulisannya memang bagus.

Itulah memoar.

Cara Membuat Memoar
1. Pilih peristiwa yang paling berkesan dalam diri
2. Ingat kembali peristiwa yang berkesan
3. Tulis
4. Edit

Itu pesan pemateri. Langkah ketiga itu yang paling penting. Ha...ha... Langkah keempat juga penting. Langkah kesatu dan kedua juga penting. Jadi semua penting.

Saya juga tertarik dengan tips dari mbak Kiki (pemateri) tentang cara menulis otobiografi. Katanya,

Cara Menulis Autobiografi
🌱ingat dan catat peristiwa penting
🌱tulis karakter tokoh
🌱buat kerangka karangan
🌱mulailah menulis

Langkah terakhir : mulailah menulis. Ini benar-benar harus diperhatikan dan dilakukan. Terutama untuk saya pribadi. Seringkali saya hanya memikirkan saja dan menunda untuk menulisnya. Alhasil, tulisan itu tidak pernah ada.

Ingat ya: biografi, otobiografi dan memoar. Bersiaplah dengan tantangannya.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...