Selasa, 16 Oktober 2018

Penilaian



Bismillahirrohmanirrohim,
Hari ini, seharian, kami mendapatkan materi tentang penilaian. Sesuai dengan nama bimteknya yaitu Bimtek USBN Tahap 1. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan penilaian (buku panduan bimtek hal 7)

Tugas guru berkaitan dengan profesinya ada tiga yaitu 1) merencanakan kegiatan pembelajaran, 2) melaksanakan kegiatan pembelajaran dan 3) melakukan penilaian terhadap capaian siswa.



Mengapa guru harus melakukan penilaian? Karena guru harus tahu apakah siswanya berhasil mencapai kompetensi yang seharusnya diperoleh selama kegiatan pembelajaran. Dalam bahasa sederhananya, penilaian bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan pembelajaran berhasil atau tidak.

Dalam pemaparannya tentang Teknik Penyusunan Penulisan Soal USBN LOTS, MOTS dan HOTS, Pak Dedi Hadiana dari Puspendik Balitbang kemendikbud mengatakan bahwa pembelajaran pada dasarnya adalah mengantar peserta didik dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak biasa menjadi terbiasa, dari biasa-biasa saja menjadi luar biasa dan dari begitu saja menjadi begitu berbeda.

Dari mana guru tahu bahwa siswanya sudah bisa? Bahwa siswanya sudah tahu? Disinilah
Instrumen penilaian menjadi sesuatu yang penting.

Mengukur berarti membandingkan. Agar dalam pengukuran itu mendapatkan hasil yang tepat maka alat ukurnya harus baik. Kalau dalam penilaian pendidikan berarti ya soalnya harus baik.

Proses membuat soal yang baik melalui beberapa tahapan. Rangkaiannya panjang sekali. Karena sudah menjadi tugas guru, maka guru harus menguasai teknik penilaian mulai dari menentukan kompetensi yang akan diukur, menyusun kisi-kisi soal, membuat kartu soal dan kunci jawaban, membuat pedoman penskoran, melakukan penilaian dan mengolah hasil penilaian.

Untuk semua itulah saya berada di sini, saat ini. Semoga Allah memudahkan. Semoga ilmu yang saya peroleh membawa berkah dunia dan akhirat.  Aamiin ya robbal alamin.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6






3 komentar:

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...