Minggu, 01 September 2019

Cara Menggunakan KAI Access


Seperti sudah saya tulis di Postingan sebelumnya, bahwa sejak hari ini, tanggal 1 september 2019, memesan tiket Kereta Api  lokal hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Kai Acsess. Di postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya menggunakan aplikasi ini.

Informasi tentang kereta api

Sebelumnya, saya memesan tiket dengan datang langsung ke stasiun, mengisi formulir pemesanan dan menunggu antrian yang seringkali puaaannnjanggg.

Setelah mendapat informasi bahwa pemesanan hanya melalui aplikasi maka saya pun suka tidak suka harus belajar. Alhamdulillah mendapat ilmu baru.


Jadi, kita harus menginstall aplikasi Kai Acsess ini di hp kita. Mudah kok. Seperti biasa, melalui play store. Bila sudah terinstall kita harus mendaftar untuk membuat akun. Kita isi kotak isian dengan data kita seperti NIK, alamat rumah, nomer hp dan lain sebagainya. Pada saat pembuatan akun ini kita juga harus menuliskan email dan mencantumkan password akun kita. Gunakan akun yang mudah diingat dan simpan akun tersebut baik-baik.

Selanjutnya, kita harus menginstall aplikasi pembayaran non tunai yaitu Linkaja. Karena pembayaran yang diijinkan di Kai Acses hanya aplikasi ini.

Caranya hampir sama yaitu kita harus membuat akun juga. Memasukkan data kita dan membuat password. Sekali lagi password adalah kode pengaman yang akan menjaga akun kita dari kejahatan yang tidak kita inginkan. Jadi gunakan yang mudah diingat dan simpan agar kita bisa mengintipnya bila kita lupa.

Setelah mempunyai akun di Link Aja selanjutnya kita harus top up. Top up ini adalah istilah untuk mengisi saldo kita. Jadi ibaratnya akun Link Aja kita itu adalah dompet yang tidak kasat mata. Di dalamnya ada uang kita yang bisa kita gunakan untuk melakukan pembayaran. Diantaranya adalah membeli tiket kereta api ini.

Bagaimana mengisi saldo di Link Aja. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan yaitu melalui transfer Bank, melalui Himbara, Kartu Debit, merchant dan mitra link aja serta grapari. Untuk merchant dan mitra misalnya indomaret. Ini mungkin yang paling mudah karena sekarang indomaret hadir di setiap kecamatan.

Untuk top up pertama, saya melalui indomaret karena beberapa kali menggunakan internet banking selalu gagal.

Begini langkahnya:
Login ke Link Aja.
Klik info saldo
Pilih merchant dan mitra
Buat token

Selanjutnya token itulah yang saya tunjukkan ke kasir indomaret untuk diproses top upnya. Untuk top up 100 ribu saya dikenakan biaya 1000 rupiah. Kita bisa mengecek apakah saldo sudah masuk, dari nilai yang tertera pada info saldo.

Setelah saldo terisi barulah kita memesan tiket kereta api menggunakan aplikasi Kai Acsess.

#tiketkereta
#bayartanparibet
#linkaja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...