Senin, 29 Juni 2020

Dalam Antrean



Dalam Antrean

Satu hari saya dibuat panik oleh gmail. Beberapa kali saya mengirim bukti transfer biaya pelatihan online yang akan saya ikuti. Tetapi selalu tidak terkirim. Notifikasi yang saya terima adalah: dalam antrean. Aneh, pikir saya. Tidak biasanya saya mendapatkan masalah seperti ini. Pernah sih mendengar ada orang mengalami hal serupa itu, di grup pelatihan dimana peserta harus mengirimkan tugas ke instruktur. Karena saat itu saya aman-aman saja, jadi tidak terlalu tertarik untuk mencari tahu. Itulah jelaknya saya, kurang peduli. Belum akan peduli sebelum menghadapi masalah sendiri.

Maka, ketika saya menghadapinya sendiri, saya sungguh panik. Bagaimana tidak, email itu akan berpengaruh terhadap validasi keikutsertaan saya dalam sebuah pelatihan berbayar. Harus ada solusi. Tapi saat itu benar-benar mentok. Admin hanya menjawab, jaringan internetnya bermasalah. Ditunggu saja. Ketika saya tanyakan apakah itu berarti saya tidak divalidasi? Admin menjawab validasi menunggu email terkirim. Makin paniklah saya.

Baiklah. Saya berselancar untuk mencari jawaban atas masalah yang saya hadapi. Langkahnya panjang sekali. Intinya saya harus update gmail. Dengan susah payah akhirnya saya mengikuti langkah-langkah dan masih disertai dengan arahan bungsu saya, akhirnya berhasil mengupdate gmail. Benar saja, begitu terupdate, email-email dalam antrean itu melesat, terkirim semua.

Bila Anda mengalami hal serupa dengan saya, mungkin Anda bisa mengikuti langkah ini. Pastikan ruang penyimpanan perangkat pintar Anda cukup. Anda dapat memanfaatkan aplikasi pembersih ponsel yang akan mengarahkan file-file sampah yang bisa dihapus. Selanjutnya lakukan up date gmail melalui play store. Seperti biasa, unduh gmail melalui play store. Perangkat sudah tahu bahwa maksud kita adalah memperbarui aplikasi yang sudah kita miliki. Tunggu beberapa saat. Anda akan disarankan untuk menghapus aplikasi lama. Setujui saja. Setelah itu, gmail Anda akan berubah menjadi aplikasi versi baru.

Semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. Informasi yang bermanfaat sekali mbak. Saya belum pernah mengalaminya, tetapi dengan artikel ini tidak perlu bingung kalau nanti mengalami hal tang sama.

    BalasHapus

Paling sering dilihat

Mental block

Selasa pagi, Maret 2024 Tulisan ini saya tulis sambil menunggu waktu. Eh waktu kok ditunggu. Salah ya. Seharusnya waktu dimanfaatkan sebaik-...